Begitu petugasnya selesai set up display pameran pisau, saya langsung jatuh
cinta sama satu pisau yang ternyata "pisau lempar AU", dan saya tanya,
boleh dibeli nggak. Jawabnya boleh pak, nah langsung saya minta untuk
dtempelin SS, meskipun bayarnya sore harinya.
Jadi saya beruntung beli satu. Yang nyesel bukan main ya pak Komandan
Hanata Edibowo. Kemarin bilang, nyesel gue nggak sempat beli pisau nya
Teddy. Gimana belinya ya? Dan saya yakin beliau sudah kontak mas Priyo
untuk mbeliin pisau tersebut untuk salah satu sponsor plus buat beliau
sendiri.
Hayoo siapa lagi yang ingin beli?
Wasalam
Susilo Siswoutomo
EMOI - Wisma GKBI 31st Floor
Phone: 62 21 571 5126
Fax     : 62 21 571 5057
Mobile: 0811 84 25 43
E-mail  : [EMAIL PROTECTED]

                      "Priyo Pribadi Soemarno"

                      <[EMAIL PROTECTED]          To:      [EMAIL PROTECTED]

                      warman.net>                         cc:

                                                          Subject: [yonsatu] Re:
Produk Indonesia Teddy Kardin  (Re: Re: [anggota] Re:
                                                            Cerita Cross Country)

                      01/09/04 01:39 AM

                      Please respond to yonsatu

On Thu, 8 Jan 2004 22:43:44 +0700  Kangmas Djoni Saleh wrote :

> Ketika saya datang mengamati peragaan pisaunya Teddy itu, wah, saya
> terkagum-kagum melihat mutunya dan keaneka-ragaman rancangannya.
> Tidak heran kalau katanya US Special Forces juga pesan issued
> knives-nya ke Teddy.
>
> Melihat hebatnya mutu pisau Teddy itu, saya jadi teringat tahun 1967,
> ketika sebagai Wa-Aslog Kaskomen, saya mendampingi Kaskomen, Haryanto
> Dhanutirto, dan Asops Kaskomen, Bambang Warsito, keliling desa Cibatu,
Sukabumi, untuk merekrut potensi perajin pisau setempat, untuk membuat
ribuan issued knives bagi para anggota Mahawarman.

> Mungkin para Ekek angkatan tahun 1960-an dan 1970-an masih ingat,
> ketika itu Skomen meng-issued ribuan coverall hijau, jaket loreng khusus
> Mahawarman, dan pisau bergagang Ekek bagi para anggota, those were
indeed the good old days...

> Nah, kalau saya ber-refleksi sekarang, membandingkan pisau Ekek yang
> pengadaannya saya urus itu, dibanding dengan pisaunya Teddy, sungguh
> saya merasa beruntung Ekek generasi sekarang belum pernah lihat pisau
Ekek made in Cibatu itu. Kalau mereka bisa melihat perbandingannya yang
bagai bumi dan langit itu, wah, mokal beraaat euy!!

> --------------------------
>
> Sayangnya ketika saya sedang mengamati peragaan pisaunya Teddy itu,
> yang punya pisau sendiri sedang tidak ada di sana.
>
> Namun kebetulan berbareng dengan saya, sedang mengamati peragaan pisau
> itu juga, adalah Haryono Guritno, peserta tertua Hanata 2004, MS-ITB
> Angk.'56, anggota Wala '59, purnawirawan kolonel TNI-AL, mantan ajudan
Bung Karno, pensiunan BATAN (Badan Tenaga Atom).
> Tetapi beliau lebih terkenal di masyarakat sebagai peneliti yang
> mempergunakan teknik radiasi nuklir untuk meneliti teknologi keris.
> Bukunya
> yang merangkum hasil penelitiannya itu, adalah salahsatu best-seller.
>
> Dari beliau saya dapat "kuliah" tentang pisaunya Teddy itu, yang
> barangkali kalau diberikan oleh Teddy sendiri, "kuliah"-nya tidak akan
selengkap itu.
> Bagaimana ukiran pisau jenis etching dibuat, bagaimana ukiran jenis
> "pamor" dibuat, bagaimana blackened steel dibuat, kenapa baja untuk
pisau disebut Damascus steel, dsb. dsb. Sungguh mempesona...
> Ujung-ujungnya, makin tambah kagum saya pada Teddy Kardin!!
>
> --------------------------
>
> Di luar urusan pisaunya, Teddy Kardin sebagai "manusia outdoor" juga
> sangat menarik untuk disimak.
> Kalau Dani Sudradjat demikian kagum pada tokoh legenda Old Shaterhand,
> sehingga menamai anaknya "Seterhen", maka Teddy Kardin adalah the real
> Winnetou dan Old Shaterhand dijadikan satu!!
>
> Tetapi mengenai ihwal sosok manusia Teddy Kardin ini, biar teman-teman
> lain saja yang menceritakannya. Karena, walau saya kenal baik dengan
Teddy, namun ada beberapa teman-teman lain di milis ini, yang "sepadang-
perburuan" dengan Teddy, sehingga mengenalinya dengan lebih dekat.
> Jadi biarlah mereka yang merinci legenda hidup ini dengan lebih detail.

(PPS)
Terimakasih kangmas Djoni Saleh mengingatkan pada Teddy
Kardin ,"geologist tempur" dan  si "empu pisau" yang dikenal luas
dikalangan  Outdoors dan pasukan khusus Amerika , Yordania maupun
Israel  .
Meskipun saya bukan termasuk teman se"padang-seburuan" dengan Teddy ,
tetapi saya berteman baik sejak Latihan Kader Batalyon I Angkatan VIII-
1972 , kemudian kita sama2 belajar pemetaan Geologi di Karangsambung -
Jawa Tengah tahun 1975. Untuk mengenang dan memberikan penghargaan kepada
Teddy yang telah ikut memeriahkan HANATA 2004 , perkenankanlah saya
cerita sedikit tentang sahabat saya tersebut .
Sayangnya , pada saat ini , Teddy tidak bisa membaca semua milis kita ,
karena sedang berada di daerah pergolakan NAD , membantu pasukan TNI
dalam pencarian jejak . Teddy memang sudah lama menjadi pelatih pasukan
Kopasus dan Brimob , khususnya dalam masalah pencarian jejak menggunakan
peta  dan ilmu geologi tempur . Teddy mencatat kisah sukses di TIMTIM
yang banyak sungai bawah tanah dan pembebasan sandera di Mapuduma
(Irianjaya) , oleh karena itu Teddy bersahabat dekat dengan  Prabowo .
Prabowo lah yang mempromosikan  pisau tersebut ke Yordania , US Special
Forces dan Israel .
Sebagai pelatih dan ikut terjun langsung dalam berbagai operasi militer ,
Teddy memiliki brevet dan berhak memakai baret Kopasus , Brimob ,
Raider , Marinir dan Paskhas . Dirumahnya , Hegarmanah Bandung , ada 7
baret berjajar rapih , termasuk baret US Special Forces dan Baret YON I
Mahawarman .
Sebetulnya , saya sudah minta ijin Teddy untuk menceritakan sedikit latar
belakang Teddy sebelum lelang Pisau tetapi dia menolak dan hanya mau
cerita tentang pisau saja .
Saat ini , industri pisaunya sedang kekurangan order ekspor karena
situasi perdagangan dan hubungan luar negeri kurang bagus , tetapi "dapur
tempa pisau" Teddy  tetap memproduksi pisau2 pesanan perorangan yang
tidak akan bisa ditemui di toko2 , benar2 buatan khusus .
Pisau yang di lelang pada acara HANATA 2004 , khusus dibuat untuk HANATA
2004 , dengan ukiran  "Widya Castrena Dharma Siddha" , dimenangkan oleh
OCIM (Gustav Afdhol) yang sejak datang dia sudah menyiapkan uang segepok
guna mengalahkan teman2 lainnya .

Teman se"padang-seperburuan" Teddy , adalah IWAN ZG yang saat HANATA
sedang berada di Malang dan teman berburu lainnya adalah  Joni Subandono
(YON II) .
Teddy tidak ikut ke Panaruban karena asam uratnya kumat , lagipula dia
harus menyiapkan diri berangkat ke Aceh hari Selasa kemarin .
Kalau boleh , saya ingin menyampaikan ungkapan terimakasih Teddy , karena
telah dipertemukan dengan saudara2nya se BATALYON , khususnya dari
Angkatan VIII .

Widya Castrena Dharma Siddha ,

Wassalam ,
Priyo PS

Arsip                          : <http://yonsatu.mahawarman.net>  atau
<http://news.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.mahawarman>
News Groups        : gmane.org.region.indonesia.mahawarman
List Admin         : <http://home.mahawarman.net/lsg2>

<http://news.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.mahawarman>
List Admin      : <http://home.mahawarman.net/lsg2>