> Betul, karena bunyi konstitusinya begitu (menurut salah satu acara di
> Siaran TV Islam Belanda), yaitu membela perjuangan Kemal Ataturk.
> Sebenarnya ya mirip RI juga.  Cuma kalau TNI kan yang dibela Pancasila dan
> UUD45, bukan Soekarno atawa Soeharto.
>
> Kalau tahun2 kemaren TNI membela Soeharto, ya itu akibat kebrengsekan
> regim yang berkuasanya aja, yang sudah feodal, serakah lagi.

Iya, maksud saya mereka membela karena "menerjemahkan" pancasila dan UUD 45
sesuai dengan selera mereka.

Dan hal inilah yg membuat EU keberatan, karena EU secara "formal" menganut
demokrasi yang notabene menempatkan militer dibawah kekuasan sipil. Di Turki
terkadang militer melakukan kudeta, bukti bahwa mereka tidak mau "tunduk"
dibawah kekuasaan sipil walaupun partai yg berkuasa menang secara pemilu yg
"demokratis"

> Ini karena negara2 eks Blok Timur itu tidak perlu sampai harus melanggar
> HAM untuk membuat diri mereka terlihat telah memenuhi syarat sebagai
> negara demokratis versi EU.  Tidak melanggar HAM ini dapat dilakukan
> karena rakyatnya tidak mempermasalahkan agama dalam kerukunan hidup
> bermasyarakat, sehingga penekanan terhadap kelompok2 ekstrim keagamaan
> tidak perlu dilakukan oleh regim yang berkuasa, karena kelompok2 itu
> memang nggak ada.

Wah, setahu saya yg menjadi keberatan EU paling utama adalah cara Turki
memperlakukan bangsa kurdi yang "ingin" mendirikan negara "kurdistan".
Keinginan ini diwujudkan melalui Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang notabene
berhalauan (condong) ke-kiri2an. Bukan karena adanya penekanan akibat
ekstrim keagamaan.

Dan kalaupun ada masalah "keagamaan" kenapa melakukan tindakan yg melanggar
HAM?

Rizal

                  <http://news.mahawarman.net>
List Admin      : <http://home.mahawarman.net/lsg2>