On Tue, 24 Feb 2004 14:55:49 +0700
[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Dari uraian Pak Syafril di bawah (kalau nggak salah) sebenarnya
> tercermin bahwa pendidikan itu merupakan suatu investasi yang
> return-nya nggak cepat, perlu waktu lama.  Investasi yang ditanam
> sekarang, hasilnya baru terlihat satu generasi kemudian.   Kalau
> returnnya nggak cepat, berarti creditnya bukan untuk penggagasnya, dan
> kalau nggak keliatan bagus2nya, gimana bisa dipilih kembali?  Jadi
> masuk akal kalau pendidikan tidak terlalu diprioritaskan.

Ha..ha..ha... memang benar pendidikan itu tidak quick yielding, jadi
sewajarnya dipecah-pecah menjadi terlihat jenjangnya. Mirip dg sekolah,
kalau kita belajar terus dari TK s/d Perti tentu akan bosan; jadi
dibuatlah jenjang agar secara psikologis manusia merasa "sukses", y.i.
naik kelas shg bersemangat terus setiap akhir semester genap.

Jadi kalau kita bisa membuat "jenjang pencapaian" katakanlah 5 tahunan
(sesuai dg masa jabatan politis), maka akan lbh mudah diukur berhasil
atau tidaknya mandataris MPR melaksanakan "amanat rakyat".
Akan tetapi itu soal nanti, soal yg sekarang adalah kita harus punya
dulu "buku biru" ancangan pendidikan katakan 25 tahun mendatang.

> [...]
> kaya.  Kenapa demikian?  Karena rangkaian2nya kira2 sbb: -> awalnya
> dari perilaku rajin dan malas.  Kalau malas, nanti jadi bodoh, terus
> kalau bodoh, nanti jadi miskin, dan kalau miskin kecenderungannya
> jahat (karena terpaksa?), dan jahat nantinya neraka.  Sedangkan kalau
> rajin, nanti jadi pintar, terus karena pintar jadi kaya, dan kalau
> kaya bisa beramal lebih banyak, jadi baik dan nantinya masuk surga.
> Jadi kalau demikian, kita2 harusnya kerja keras, dan bisa kaya, terus
> nanti bisa jadi baik, dan Insya Allah, masuk ke surga.

Wah Anda lupa dg weighting factor (bobot), kalau orang yg gajinya 100
juta/bulan nyumbang 1 juta tentunya beda donk pahalanya dg orang yg
gajinya 1 juta/bulan tp nyumbang 100 ribu :-)

Syafril Hermansyah

                  <http://news.mahawarman.net>
Other Info      : <http://www.mahawarman.net>

Kirim email ke