AKANG NUGRAHA, versi2 Alkitab dimaksud untuk membuat bahasanya up to date
sehingga mudah dimengerti oleh penganut agama Kristiani. Isinya tidak berubah.
Kalo sampe ada perubahan biasanya hanya menyesuaikan denganhasil research yg
terkini dari codex2 yg masih terus dipelajari dg teliti. Anda pasti setuju bhw
kalo ayat2 kitab suci tidak dimengerti oleh umatnya, maka sebenarnya kitab suci
tersebut tidak banyak bermanfaat.

Kalo kita simak tulisan 'Negarakartagama' yg ditulis kira2 abad ke-13 dlm
Bahasa Jawa kuno, maka akan kita sadari bhw orang Jawa sekarang tidak mampu
mengertinya dg baik. Bahasa selalu berubah dan krn-nya kalo kitab suci termasuk
Alkitab diharapkan bisa dimengerti oleh umat pengikutnya haruslah secara
periodik di-upgrade bahasanya!

Mungkin anda tau bhw Al Qur'an ditulis di abad ke-7 jadi bahasanya sudah sangat
berbeda dg Bahasa Arab abad ini. Orang Arab sendiri meskipun 'hafal' ayat2
Qur'an sesungguhnya kurang mengerti arti ayat2 tsb. Lebih2 Muslims dari negara2
non-Arab pasti jauh lebih tidak mengertiisi ayat2 Qur'an. Mereka cuman mengerti
secara global dan kalo ditunjukkan ayat (ato sebagian ayat) in isolation mereka
tidak bisa membaca apalagi mengertinya..

Di samping itu anda pasti tau bhw Aulloh SWT menyatakan bhw banyak ayat Qur'an
yg telah beliau 'batalkan' dan 'digantikan' (naskh wal mansukh') dg ayat2 yg
lebih baik. Sayangnya Aulloh tidak menjelaskan ayat mana yg sudah beliau
batalkan dan digantikan dg ayat2 yg mana.

Aku seorang Linguist dan tau sedikit Bahasa Arab serta grammarnya. Sejak
permulaan taon ini aku beruntung ada seorang gadis Arab dari Doha yg sharing
apartment aku karena dia belajar di Sydney. Semakin hari aku semakin pandai
berbahasa Arab. Selain itu aku juga banyak tau dari nona Arab ini ttg Al Qur'an
sesuai dg apa yg dia dan umat Islam Arab faham mengenainya. Mnrt nona Arab ini
rata2 orang Arab (terpelajar) hanya bisa mengerti kurang dari 30% Bahasa Arab
(klasik) yg dipake dlm Qur'an. Bahasa Arab yg jamak dipake sejkarang sudah jauh
berbeda dg Bhs Arab klasik.

Salam sejahtera,

Gabriela Rantau