Huruf INRI adalah huruf-huruf singkatan dari kata-kata Latin yang terletak
di atas salib Yesus: Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum ("Yesus orang Nazaret,
Raja Yahudi"), ditaruh oleh Pontius Pilatus.

Pada banyak gambar tulisan ini seringkali ditaruh, biasanya di atas tubuh
Kristus yang disalib.

Dalam kitab Yohanes bab 19 ayat 19 – 22, peristiwa ini ditulis sebagai
berikut:

Dan Pilatus menyuruh memasang juga tulisan di atas kayu salib itu, bunyinya:
"Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi". Banyak orang Yahudi yang membaca
tulisan itu, sebab tempat di mana Yesus disalibkan letaknya dekat kota dan
kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani.
Maka kata imam-imam kepala orang Yahudi kepada Pilatus: "Jangan engkau
menulis: Raja orang Yahudi, tetapi bahwa Ia mengatakan: Aku adalah Raja
orang Yahudi. Jawab Pilatus: "Apa yang kutulis, tetap tertulis".

Demikian

Teddy

--
Teddy Sunardi 2009