Jawaban bu Mus sangat jelas bahwa hanya mahkluk yang punya angan2 yang berusaha
mencari tahu asal usul dirinya dan semua yang dia lihat dan rasakan.
Pencarian dengan angan2 tsb berujung dengan kata Tuhan atau sebutan lain yang
mengakhiri pencarian tsb.
Para nabi pastilah orang2 yang cerdas dan dia menyampaikan hasil angan2nya
dalam ruang diskusi yang kita sebut agama. Kita yang kurang cerdas, mengamini
atau setuju dengan pendapat mereka, jadilah kita pengikutnya. Ada yang jadi
pengikut sangat fanatik sehingga angan2nya jadi tidak berkembang dan menolak
angan2 lain diluar angan2nya. Bahkan sampai ada yang mau membasmi pengikut
angan2 lain. Jihad model Imam Samodro, dan para pembakar rumah ibadah serta
penghambat pembangunan rumah ibadah seperti di depok dan tempat lain, menurut
saya adalah bagian dari pengikut angan2 yang super fanatik yang keliru menurut
angan2 saya, tetapi benar menurut angan2 pelaku.
Yanto