> *Soal Anda setuju dg subsidi atau tidak, terserah Anda sih...tapi jangan
> berfikir bahwa segala sesuatu yg diserahkan ke Pemerintah trus beres...>
> #Bung Oka.. Jangan juga berfikir bahwa segala sesuatu yg diserahkan ke
> mekanisme pasar trus beres..> Politik pangan itu sama dengan politik
> pertahanan. Tanpa ketahanan pangan negara hancur. Logis ga kalo sektor
> pertahanan kita swastanisasi? Heheh> Makanya pangan itu ga bisa kalo ga ada
> yg atur.

**Saya ngak bilang bahwa pasar tidak perlu diatur...itulah pemerintah berperan
sebagai regulator. Baca lagi tulisan saya...jangan dibolak balik.Apa
hubungannya kenaikan harga dengan masalah pertahanan?>

#Bentuk pengaturan yg saya maksud bukan dalam bentuk pemberlakuak tarif, tax,
quota, floor /ceiling price dll tapi terjun langsung sebagai penyedia/suplayer
untuk menurunkan harga.  Hubungan pangan termasuk harga pangan yg tinggi akibat
kelangkaan dan pertahanan itu erat . Agh. :)

*Supaya harga murah, ya produksi harus diperbaiki, infrastruktur harus
diperbaiki.> #apa pasar 'mau' perbaiki irigasi, bikin bendungan, aspalin
jalan?Sekali lagi

**Anda membolak balik pernyataan saya...jangan waton suloyo..asal tulis. Anda
yang pertama menggampangkan cara menurunkan harga.
# hemm 'asal tulis'...
 Lagian kalo Anda mau teliti, ada juga kok non pemerintah yang membangun
jalan...Adan pikir siapa yang membangun jalan tol di jakarta? swasta dan BUMN.
BUMN bukan Pemerintah loh...nanti Anda campurbaurkan lagi>>
#Bung Oka.. BUMN itu singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. Kalau swasta itu
Badan Usaha milik Pribadi. Artinya BUMN itu alat pemerinta dalam menjalankan
kebijakan. Saya kasih tahu bedanya BUMN ama swasta. PLN rugi apa untung
sekarang? PT KAI utung apa rugi?  Mau untung apa buntung namanya perpanjangan
tangan pemerintah harus ada.

*Lagian bagaimana caranya mengontrol yang kaya beli beras mahal, yang miskin
beli beras murah? pake kupon? siapa yang mau menjalankannya? pejabat kelurahan?
bagi2 Bantuan Langsung Tunai aja dikorupsi..apalagi bagi2 beras....atau Anda
berharap orangkaya tahu diri? Katanya jangan report2...tapi ide Anda sangat
membuat report...> #pake kupon salah satunya. Ada cara lain lagi bikin dapur
umum untuk makan gratis. Tidak ada lg gelandangan yg kelaparan. Yg kaya mau
makan disitu juga ga masalah. Itu semua tanggung jawab negara. Ini masalah
"tanggungjawab" bukan masalah itung2 ekonomi suply demand bung.Lho Anda sendiri
yang mengusulkan Pemerintah membeli beras lewat bulog. Membeli beras lewat
Bulog jelas bukanlah mekanisme pasar murni.Knapa Anda ngomong mekanisme pasar
sekarang...katanya gitu aja kok report? Membuat dapur umum, makan gratis? saya
ngak anti sosial loh, tapi itu bukan jalan keluar untuk menurunkan harga>> #.
Hehe kalo beras gampang didapat apa lagi murah apa ga turun harga? Ini pikiran
orang bodoh nih.

*Balik aja keteori deh, inflasi kan bisa ditimbulkan sisi penawaran, atau sisi
permintaan. Kalo sekarang ini, nampaknya dari sisi penawaran, karena belum
masuk puasa harga dah tinggi. Jika spekulasi saya benar, maka seperti yng
dismpaikan member lain disini, yang tidak merepotkan, yg tinggal buka saja
import, kontrol dg tariff....toh selama ini juga sudah banyak diketahui bahwa
yang untung dg kenaikan harga bukan petani, melainkan para tengkulak dan
pedagang...> #nah anda sendiri tahu mekanisme pasar itu hanya menguntungkan
para bandar, tengkulak, dan cukong. Yg kuat mengalahkan yg lemah. Maka dari itu
harus ada kekuatan yg lebih kuat untuk menetralkan harga. Kenapa beras mahal?
Karena langka? Ada yg membatasi suply. Siapa? Tengkulak. Caranya? Nimbun beras
di gudang jauh2 hari sambil harga dinaikin.Itu bukan salah mekanisme pasar,
dong. Itu masalah regulasi ngak jalan...susah kalo Anda ngak bisa membedakan>
Kesimpulan: Untuk memenuhi rasa keadilan mekanisme pasar komoditas strategis
harus diacak2... Siapa yg bertanggung jawab? Pemerintah. :)

Walah...ini lagi...katanya ngak usah report2? gimana sih .....
#ini nih jurus "repot"
Best Wishes,Andi MF Avandy«Info: MEGA UKM Kredit Usaha Yang Tepat Untuk Anda.
Cepat, Ringan, Mudah» Sent from my VandyBerry® smarphone

Millis AKI mendukung kampanye "Stop Smoking"
Alamat penting terkait millis AKI
Blog resmi AKI: www.ahlikeuangan-indonesia.com
Facebook AKI: http://www.facebook.com/group.php?gid=6247303045
Arsip Milis AKI online: