Bung Sonny

Bahas ke arah detail ya.
Dalam kuliah mata pelajaran akuntansi dibagi jadi 4 level (saya yang bagi
sendiri ini).
1. Pengantar Akuntansi / Intro to Acct. (1&2)
2. Akuntansi Keuangan / Intermediate Accounting (1&2) --> Buku si Kieso populer
untuk yang subject ini. anda bisa cari buku laen, pokoknya judulnya
intermediate
acct. Dan di Intermediate itu fondasi yang sangat penting dalam pemahaman
financial statement.
3. Akuntansi Keuangan Lanjutan / Advanced Acct
4. Teori akuntansi keuangan / Financial Acct Theory
Nah itu dibagi kedalam 6 semester. Intro dan intermediate masing2 2 semester.
Untuk sebagai user/analis minimal ngerti sampai level Advanced Acct.
Ada juga pelajaran Financial Statement analysis di tempat kuliah saya, materi
pelajarannya merangkum sampai yang advanced acct sih. Tapi waktu saya tanya
teman saya yang ambil pelajaran tsb, mereka tetap 'kurang' pengertiannya. Ya,
pikir gampangnya, pelajaran 5 semester dikebut hanya jadi 1. Tapi boleh
dipertimbangkan tuh.
Menurut saya, intermediate acct yang perlu anda fokuskan (seperti rekomendasi
rekan2, buku Kieso). Kalau intro to acct-nya, kalo dah pelajari intermediate
ngerti sendiri lah yang intro to acct.
Untuk adv acct, ntar dulu, fokus intermediate dulu aja.
Semoga membantu.