  From: Kamil Sungkono
  To: binusnet@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, January 06, 2007 10:29 PM
  Subject: [BinusNet] Help!! Penting banget!! Problem dengan XP (defrag)

  hallo teman teman. help donx. minta saran dari para ahli.
  masalahnya begini.
  seminggu ini saya lagi sibuk mau bikin presentasi dengan film film yang
diambil dari handycam dan dengan foto foto.
  saya menggunakan software ulead videostudio 9 buat kerjain filmnya, dan
software nikon buat kerjain foto fotonya.
  foto fotonya banyak yang saya pindah-pindahin supaya lebih rapi dengan cara
copy, copy all, paste dll. demikian juga dengan film filmnya yang sudah diedit.
semenjak itu komputer saya sering mati sendiri. dengan error message:
  IRQL_LEAST_NOT EQUAL. (kurang lebih gitu sih, saya lupa :P). dan kalo saya
start ulang, dilakukan pengecekan 3 tahap (kalo gak salah seperti chkdsk /f),
tahap pertama periksa file, tahap kedua periksa directory, tahap ketiga periksa
security.
  saya pikir itu karena saya baru tambahin memory RAM saya menjadi 2,5 GB. saya
cabut memorynya kembali menjadi 1GB.
  sesudah itu jarang mati sendiri lagi, bukan berarti gak pernah mati sendiri
lagi. timbul problem baru, ketika saya sedang edit film dari handycam, ada
error katanya directorynya tidak ada, atau directorynya rusak. saya coba bikin
directory baru. ketika selesai bikin directory baru(setelah rename nama baru),
directory tersebut tidak bisa diklik. kalo diklik timbul error bilangnya
directorynya rusak. padahal harddisak saya free spacenya masih 70 GB.
  karena itu saya coba jalanin defragt, pas melakukan pengecekan drive d,
timbul message agar saya menjalan chkdsk /f.
  sesudah run chkdsk d: /f, drive d nya baru bisa di defragt. anehnya sesudah
selesai defragt, dan di cek ulang, selalu timbul pesan yang sama, saya harus
run chkdsk /f, dan message kalo drive d perlu di defragt. saya restart ulang.
tetap saja sama errornya.
  sesudah melakukan defragt 3 - 4 kali. saya pikir sudah lah, gak usah defragt
lagi. saya mulai lagi edit foto foto.
  tapi ketika saya buka directorynya yang berisi foto foto, ternyata banyak
sekali foto foto yang hilang, disamping itu banyak yang tidak bisa dibuka,
tidak hanya foto foto, ada beberapa directory jadi rusak (tapi tidak hilang).
  saya penasaran, saya coba cek drive c saya. (drive c berisi sistem windows,
drive d buat data data. ada 2 harddisk).
  messagenya drice c saya juga perlu di defragt. setelah defragt, tetap saja
messagenya drive c perlu di defrag.
  saya pikir ada masalah dengan sistem xpnya, jadinya saya install ulang. xp
saya original dengan sp2. saya berharap dengan demikian maka bisa kembali
kenormal atau sebelumnya. bodohnya saya, saya tidak kepikir kalo xp ada
fasilitas, untuk kembali ke sistem sebelumnya (namanya saya lupa).
  selesai install dan format drive c saya, permasalahan di drive d nya tetap
sama.

  so teman teman....
  ada yang tau gak caranya buat selesain masalah ini? banyak foto foto yang
hilang tapi directorynya masih ada. ada beberapa directory yang gak bisa
dibuka, dan didalamnya ada foto fotonya. ada sebagian foto yang filenya masih
ada tapi gak bisa dibuka lagi.
  Tolong ya buat yang bisa bantu. penting banget nih. soalnya udah gak ada
backup foto fotonya.
  Thank's sebelonnya.

  .