Bank Syariah bisa dikatakan sebagai bank yang sangat stabil dibandingkan dengan
bank konvensional di belahan dunia manapun. Krisis moneter yang berujung pada
krisis perbankan adalah imbas dari sistem perbankan konvensional kapitalis.
Saya berpendapat prinsip bank adalah menyimpan uang, mengelola uang dan
mendistribusikan uang. Dalam hal menyimpan uang, bank merupakan lembaga yang
sangat aman karena uang kita dijamin oleh pemilik bank. Namun uang simpanan
kita akan menjadi tidak aman akibat ulah pemilik bank yang masih berpikir
kapitalis. Mereka mengelola dan mendistribusikan hanya untuk kepentingan
golongan dan orang-orang tertentu yang menurut mereka "layak" memperoleh
fasilitas kredit. Imbasnya adalah apa yang dilakukan oleh bank konvensional
cenderung mendistribusikan pinjaman kepada kelompok konglomerat dan tidak
menjamah kepada pengusaha mikro ke bawah. Intervensi pemerintah dalam
menentukan tingkat bunga pun (akibat nilai uang yang tidak stabil)
 berimbas kepada tersendatnya pembayaran kredit dari konglomerat. Dan saya
berpendapat ini adalah salah satu kesalahan mendasar dari proses bank
konvensional di Indonesia yang cenderung kapitalis.

Berbeda dengan Bank Syariah. Dalam melakukan proses penyaluran kredit mereka
tidak mengedepankan kredit konsumsi melainkan kredit modal kerja dengan sistem
bagi hasil. Sehingga konsep ini dirasakan bisa mengangkat ekonomi mikro. Hanya
permasalahan nya bagaimana manusia-manusia yang terlibat di Bank ini memiliki
moral dan akhlak yang baik sehingga visi dan misi Bank Syariah tidak tergeser
oleh kepentingan (oppurtunity) individu pemilik Bank.

Namun saya lebih cenderung kalo Bank Syariah itu sebaiknya dikelola oleh
pemerintah, bukan oleh swasta, dan sebaiknya jangan ada Bank yang bergerak di
dua arah seperti Bank Konvensional dan Bank Syariah yang tergabung dalam satu
induk perusahaan. Pendapat saya hal itu akan terjadi pembiasan dari tujuan bank
syariah itu sendiri.