> beda tataran bang. realitasnya, terutama untuk kasus indonesia,
konsep2 ekonomi, baik makro & mikro semuanya merujuk pada
teori yg baku, dari mulai widjojo s/d budiono. namun apa yg dapat
dilihat, teori2 tersebut bias setelah berhadapan dengan faktor2 lain
tersebut. persepsi dan data akan lebih bisa menjelaskan. tapi saya
kira ini akan terlalu jauh dan menguras waktu dan energi.

> study tentang indonesia memang dan seharusnya lebih menarik
bagi economics. kenapa deviasi2 sering terjadi. namun apapun,
opini saya, buruh disini riilnya masih tetap pada posisi inferior,
karena ekuilibrium yg hendak dicapai berupa kesetaraan, banyak
ditelikung sehingga membawa konsekuensi keluarnya phrase
pihak yg lemah tersebut. cmiiw