APBN kan ada sisi pendapatan dan sisi belanja. Di sisi  pendapatan yg
terkait migas:  Pph Migas, Pendapatan SDA Minyak, dan Pendapatan SDA
Gas. Di sisi belanja yang terkait migas ada: subsidi BBM (dibayarkan
ke Pertamina) dan subsidi non-bbm (dibayarkan ke PLN).

Periode 2000 - 2007 selisih pendapatan dan belanja yang terkait migas
selalu masih Positif. Pada Oktober 2005, sebelum kenaikan BBM,
selisih itu tipis. Sekarang 2008, pada harga minyak di atas USD 110,
produksi minyak dibawah 1 juta bph, dan konsumsi BBM terus tumbuh,
selisih itu sudah menjadi NEGATIF.

Hal itu saya baca dari papernya Institute of Development and Energy
Economics.

Salam
HD

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, mike harnett
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> pak,., maksud saya,., gimana sih hitung2nya pak Kwik asalnya dan
reasoningnya?
> kok beda banget ya dg versi mba Ani??
>
> nah,. bedanya dmn yah,., ada yg bs jelaskan?,.,
>
> kok,.,. bisa2xnya harga BBM itu 0,.,. kayaknya pak kwik tdk
menjelaskan seperti itu,., (atau memang saya yg kurang info
lengkapnya dr Kwik)..

> nah yg benernya gmn tuh,. sehingga harus menaikkan BBM sebesar
28.7%?

> (karena rasa2nyam, kalo dijelaskan mekanisme hitungannya,.,
mahasiswa tentu akan berpikir logis,.,. dan tidak main asal demo..,
tanpa mengetahui akar masalah kenaikan tsbt),.,

> thx kalo ada yg mau menjelaskan,.,..

Kirim email ke