Mas Dimas,
Di milis ini seharusnya ada banyak fund manager dan analis yg canggih2 yg
bisa memberikan advice soal pemilihan fund.

Tapi saya coba membahas sedikit sesuai pengetahuan saya.

Pertanyaan mengenai bagaimana memilih manajer investasi atau reksadana yang
baik merupakan one million dollar (atau Euro atau Sterling) question, kalau
enquiry itu hanya semata-mata memilih reksadana per se.

Menurut pendapat pribadi saya, ex ante, sangat sulit memilih reksadana
terutama dengan model pengelolaan aktif seperti mostly di Indonesia saat
ini. Ex-post, banyak kriteria (yang dipercayai dan menjadi kelaziman, walau
belum tentu benar) yg dipakai untuk memilih manajer
investasi/reksadana.Salah satunya adalah historical return. Dan saya berani
bertaruh, dalam ranah tema (aktif vs pasif) ini, diskusinya akan lebih hot
dibandingkan diskusi soal jumlah PNS, :-)

Karena itu saran pribadi saya, mending beli reksadana indeks saham (saat ini
ada yg LQ45) dan reksadana indeks bonds (indexing ke iBoxx) dengan
persentase sesuai aset alokasi yang diinginkan, dibandingkan menempatkan
pada reksadana aktif dengan objective campuran yg (karena aktif) maka feenya
lebih mahal dibandingkan index.

Mengenai historical return, menurut saya pribadi sih ada banyak pertanyaan
susulan yang harus dijawab sebelum mengatakan bahwa historical return
merupakan kriteria bagi menentukan (ex-ante) reksadana mana yg akan
outperform.

Just my 2 cents.
Tigor