I'm afraid not.

Peringkat reksadana, at least yang dikeluarkan oleh Pefindo (lihat disini:
http://new.pefindo.com/200807-fundservicesfullreport.pdf), menurut saya
pribadi hanya menambah rumit permasalahan terutama kalau dipandang dari sisi
"signaling effect". Mereka (baik dari sisi sell side maupun buy side) yang
"malas" mengeksplore reksadana dimaksud, akan dapat menggunakan rating tsb
sebagai justifikasi "persuasi penjualan" maupun "rekomendasi pembelian".
Atau dengan kata lain menjadikan rating tsb sebagai proxy dalam assesment
risiko sebagaimana halnya rating credit, walau kedua2nya (ditinjau dari sisi
metodologi) merupakan 2 hal yang sangat berbeda (dari sisi robustness at
least).

Secara sederhana mungkin dapat dikatakan (dengan menggunakan alur berpikir
sebagaimana Bang Poltak) rating reksadana hanya memberikan kategorisasi
karung2 tsb, tanpa menyelesaikan masalah bawaan mengenai "kucing dalam
karung".

Salam,
Tigor