Peraturannya petugas hanya memvalidasi, kalau nyata-nyata NPWP Ibu
belum terdaftar dalam database nasional, maka memang wajib untuk
membayar fiskal. Namun kalau sudah terdaftar, berarti petugas tersebut
nakal, sanksi kode etik sesuai UU KUP wajib diterapkan oleh DJP. Ibu
minta identitas petugasnya saja, atau kalau dia tidak mau, ibu cari
KPP terdekat, minta tolong check validasi keabsahan NPWP Ibu, lalu
minta surat rujukan, kalau masih petugas pengawas-nya masih ngotot
juga, ya sudah bayar, lalu setelah kembali ke Indonesia, bikin surat
pengaduan merujuk kepada kewajiban penerapan kode etik pegawai DJP
sesuai UU KUP. Kalau ngga ditindak, mari kita sama-sama menindak
pegawai nakal ini.

Saya bukan ahlinya, saya juga bukan abdi negara, hanya sekedar membantu.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Winarto Sugondo