From: anton ms wardhana <ari.am...@gmail.com>
Subject: Re: [Keuangan] Pembukuan dan perpajak untuk 2 perusahaan
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, March 31, 2009, 8:26 PM

Pak Deriboy, KSO itu Kerja Sama Operasi :)

Untuk angka 1.
kalo ngga ada fee tambahan, ya terserah keputusan manajemen Bapak sih..
soalnya Bapak nagih ke PT B senilai Rp N kan nanti plus PPN 10%N dan
dipotong PPh 23 2%N. Yang 10%N Bapak terima kan seluruhnya (soalnya Bapak
ngga ada Pajak Masukan di sini) langsung Bapak setor ke Kas Negara (entah
nalangin dulu, entah bisa diatur pembayaran dari B sebelum tanggal bayar ke
Kas Negara) naah tapi Bapak dipotong 2% dari B.. padahal yang Bapak bayar
buat karyawan sebesar 100%N, yang Bapak terima cuma 98%N

Cara lain bisa dengan tidak mengeluarkan tagihan tetapi nota debet sebagai
reimbursement item. Kebetulan saya lihat di kutipan Bapak di bawah itu ada
reimbursement item untuk capex. Kali-kali aja manajemen Bapak bisa sekalian
menggunakan reimbursement cost untuk poin outsorcing ini.. maaf, kalo di
reimburse jadinya bukan outsorce tapi penggantian biaya tenaga kerja PT A
yang bekerja untuk dan atas nama PT B :)

Tapi ada beberapa syarat dalam reimbursement cost begini yang perlu
diperhatikan. Tapi saya lupa syaratnya sekarang, nanti saya susulkan deh apa
aja. Atau barangkali ada rekan2 yang bsia membantu ?

Cara lainnya lagi ya untuk jasa outsorcing ke PT B-nya tetep pake invoice
tapi dikasih sedikit tambahan fee supaya secara cash flow ngga rugi2 amat
lah. Tapi ini kalo saya. Kalo saya jadi PT A saya ngga mau rugi kas :)

Untuk angka 2
sebenernya tergantung di angka 3-nya. Ngga harus dicantumkan jelas sih tapi
kan bisa kebaca dari prosedur penagihan internal diantara partner KSO (PT A
dan PT B)
kalo modelnya kayak yang Bapak sebut di angka 2 di awal, jadinya internally
PT B adalah subkon PT A. Jadi PT B harus menagih sejumlah yang dia kerjakan
di proyek PT C kepada PT A. Naah di sini perlu ada hitung2an lagi atau
salah2 bisa kejadian kayak angka 1 di atas

Mohon maaf, hanya bisa membantu segini. Ini juga kalo pemahaman saya
terhadap kasus yang Bapak hadapi bener. Maklumlah masih newbie tapi nekat
nyoba-nyoba jawab, Pak.

Rekan-rekan yang lain, pls CMIIW

BR, ari.ams

Pada 31 Maret 2009 21:31, deriboy deriboy <deribo...@yahoo. com> menulis:

> Terima kasih atas response nya pak Anton,

---cut---
roup | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

Recent Activity

 1
New MembersVisit Your Group

Give Back