Agar elegan tentu tidak disebutkan karena ketidakmampuan kita maka
pengelolaan daerah tersebut kita serahkan ke outsourcer. Kita *sebut saja
kerjasama pengelolaan wilayah*.  Sebenarnya sekarang pun sudah ada yang
mirip seperti itu, tapi masih partial.  Misalnya bantuan pemberantasan buta
hurup dari UNESCO, pembangunan fasilitas sekolah di beberapa daerah
Indonesia Timur dari Australia, rehabilitasi Aceh , dll.

Selain berupa bantuan maka tentu harus ada imbalan berupa kompensasi
pengelolaan wilayah tersebut, misalnya kawasan industri, perkebunan,
pariwisata, pelabuhan, dll. Pembangunan suatu kawasan industri saja akan
mempunyai dampak berantai yang besar, misalnya mereka juga harus membangun
fasilitas pembangkit listrik, jalan, perumahan karyawan, dll.

Sebenarnya *hanya menggabungkan dari hal - hal yang sudah ada. Bedanya modus
yang ini seluruhnya dalam satu paket. *

Kalau modus ini dilakukan maka pertumbuhan, pemerataan pembangunan,
pemerataan penduduk, dll akan lebih cepat dicapai & dengan biaya outsourcer.
Sehingga pemerintah pusat tinggal memonitor saja & fokus pada daerah
lainnya.