Setuju pak Oka, ekonomi syariah memang bukan hanya untuk muslim saja. Karena
intinya adalah berlaku adil, tidak memeras, dll yang kesemuanya itu
diperlukan oleh kita.

Saya sendiri cenderung kurang sepakat bila penamaan produk perbankan syariah
berbau arab, misalnya tabungan mudharabah, dll. Untuk tahap awal mungkin
bisa dipakai guna merebut market share utama mereka yg Islam (padahal tdk
semua org Islam tahu apa itu artinya). Mbo ya dipakai nama produk yg umum or
lebih trendi, misalnya tabungan profit sharing, sama-sama untung, dll. Agar
yg non muslim (& juga sebagian muslim) tidak menjadi segan untuk bertanya &
menjadi nasabah.

Sedangkan untuk yg teknis sudah ada beberapa yg diterapkan oleh negara,
misalnya obligasi syariah (harus ada under lying assetnya), dll. Sekali lagi
saya hanya tahu sedikit tentang ini (mudah-mudahan menjadi pemicu saya untuk
mempelajarinya).