http://www.detikfinance.com/read/2009/11/16/113441/1242408/4/energi-arus-laut-alternatif-baru-bahan-bakar-listrik

Armida menjelaskan Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan EAL
karena Indonesia memiliki laut terluas seluas sekitar 5 juta km. Indonesia
menyimpan potensi kekayaan energi yang sangat besar, yaitu Arus Laut Lintas
Indonesia yang merupakan salah satu terbesar di dunia, sebagai akibat
perpindahan air lait dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia.

Kalau dari beberapa bacaan/tv yang sempat saya baca (gak ingat sumbernya),
memanfaatkan arus laut ini bisa dibilang sangat susah. Alasannya kenapa saya
gak ingat. (Kalau gak salah sih karena air yang masuk sering ada ganggang,
ikan, dll yang sering bikin rotor macet, udah gitu karena besi gampang karatan
kalau di dekat laut jadi maintenancenya sangat mahal, dll). Cuma yang paling
signifikan itu akhirnya biaya pengembangannya jadi sangat besar (jadi bisa gak
profitable).

Ada yang pernah baca riset-riset efektifitas dan cost pengembangan arus laut
menjadi listrik?

Kirim email ke