Barangkali fiksi 3D Avatar juga bisa menjadi inspirasi. Manusia sudah
terlalu tamak ingin mengekploitasi alam sampai-sampai kehancuran seluruh
mahluk hidup lainnya juga dianggap sebagai noise saja.

BTW itu film sepertinya berasal dari penyesalan/inspirasi kehancuran bangsa
indian amerika yang sebenarnya sangat "terkoneksi dengan alam", dan sekarang
banyak yang jadi penjudi, pemabuk, dll (ketika mereka dipaksa tinggal di
daerah reservasi). Entah binatang bison yang sering diceritakan itu
sebenarnya masih ada ataukah sudah punah ya?