Salam,
Mohon ijin kepada Moderator. Kawan2 warga milis 'Ahli Keuangan' yang baik.
Sebagai sebuah rutinitas, SPT Tahunan 2009 sudah menjelang. Ada beberapa hal
baru, sebagian masih lama. Apa yang berubah, bagaimana saya dapat mengisi
dengan baik dan benar, agar SPT saya diterima lengkap dan tidak timbul masalah
di kemudian hari?

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita semua ketahui. Mengingat cukup
panjang, akan saya bagi dlm dua bagian (atau lebih). Bagi saya pribadi ini
kesempatan berbagi, maka saya sediakan diri jika ada teman2 yg membutuhkan
bantuan atau ada kesulitan, silakan hubungi saya via email ke
cfts.2...@gmail.com dengan menyebutkan member milis AKI, akan saya jawab sesuai
kemampuan saya, dan jika tidak bisa akan saya teruskan ke ahlinya. Termasuk
jika Anda sekalian membutuhkan versi excel dari Formulir2 SPT yang dibutuhkan.

Terdapat beberapa perubahan mendasar dalam SPT Tahunan 2009 yang perlu
diketahui sehingga kita dapat menyampaikan SPT dengan baik dan benar. Berikut
ini beberapa informasi mendasar yang perlu diketahui para Wajib Pajak.
I.                   Formulir
Pengelompokan SPT untuk PPh Orang Pribadi mengalami perubahan menjadi:
No. Formulir Wajib Pajak
1 1770 SS Wajib Pajak Orang Pribadi yang menerima atau memperoleh penghasilan
dari satu pemberi kerja dengan jumlah penghasilan bruto dari pekerjaan tidak
lebih dari Rp 60.000.000,-, dan tidak menerima atau memperoleh penghasilan
lainnya, selain bunga bank dan/atau bunga simpanan koperasi.
2 1770 S Wajib Pajak Orang Pribadi yang menerima atau memperoleh penghasilan
dari satu atau lebih pemberi kerja, penghasilan dalam negeri lainnya, dan
penghasilan yang dikenakan PPh final dan/atau bersifat final.
3 1770  Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha atau melakukan
pekerjaan bebas yang menyelenggarakan pembukuan/menghitung dengan norma
penghitungan penghasilan neto, penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja,
yang dikenakan PPh final dan/atau bersifat final, dan penghasilan lainnya.

Untuk SPT PPh Badan, formulir yang dipakai adalah 1771 dan 1771 (dollar).
Perubahan yang mendasar ada pada:
-          Lampiran 3A,3-A1,3A-2 tentang Pernyataan Transaksi dengan Pihak yang
Memiliki Hubungan Istiwewa
-          Transkrip Kutipan Elemen-elemen dari Laporan Keuangan sesuai bidang
usaha wajib pajak.

II.                Batas Waktu Penyampaian
SPT Tahunan PPh disampaikan paling lambat:
-          Untuk SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, paling lama tiga bulan setelah
akhir Tahun Pajak atau 31 Maret 2010;
-          Untuk SPT Tahunan PPh Badan, paling lambat empat bulan setelah akhir
Tahun Pajak atau 30 April 2010.

III.             Perpanjangan Penyampaian SPT
Perpanjangan jangka waktu penyampaian SPT Tahunan diberikan paling lama dua
bulan sejak batas waktu penyampaian SPT Tahunan dengan cara menyampaikan
Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan ( Formulir 1770-Y untuk wajib pajak
Orang Pribadi atau 1771-Y untuk wajib pajak badan ).
Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan dibuat secara tertulis dan disampaikan
ke KPP sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan berakhir, dengan dilampiri:
a.       Penghitungan sementara pajak terutang dalam satu Tahun Pajak yang
batas waktu penyampaiannya diperpanjang;
b.      Laporan keuangan sementara;dan
c.       Surat Setoran Pajak (SSP) sebagai bukti pelunasan kekurangan
pembayaran pajak yang terutang.

Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan ditandatangani oleh wajib pajak atau
kuasa wajib pajak.

IV.             Hal-hal yang Harus diperhatikan
a.       Yang diisi terlebih dahulu adalah formulir lampiran, bukan induknya.
b.      Di setiap lembar jangan lupa mengisi identitas seperti nama, NPWP, dan
tahun pajak.
c.       Jangan lupa membubuhkan tanda tangan, karena jika tidak ditandatangani
SPT yang disampaikan dianggap tidak sah.
d.      Sebelum SPT disampaikan ke kantor pajak, jika menunjukkan kurang bayar
kekurangannya harus dibayar paling lambat sebelum SPT disampaikan. Pembayaran
dilakukan di bank persepsi atau kantor pos.

bersambung