Yth Pak Hadi,

Dalam urusan   pelaporan, algoritma bentuk laporan yg diingin kan dapat saya
modifikasi apasaja apakah itu untuk profit or non profit organization.

Akan saya jelaskan secara singkat, bahwa saya memodifikasi untuk LSM CSIS
(Centre for Strategic and International Studies, Jakarta) hanya sebentar kog -
itu sekitar tahun 2000, dan ternyata cocok dengan mereka - waktu itu saya
menggunakan prinsip dari buku GAAP semacam PAI/PSAKnya Amerika untuk
memodifikasi programnya..

Karena cukup lama, yg masih saya ingat adlh Kelompok Pendapat dalam profit di
modifikasi dengan istilah Sumbangan.. dan dibedakan lagi antara Sumbangan
bersyarat dan tidak. Kemudian ada penerimaan hasil penjualan buku, sewa dsbnya..

Sebenarnya nilai terpenting daripada "internal control" atas pertanggung
jawaban suatu "Sumbangan" dimana ada sumbangan-sumbangan yang memiliki "pamrih"
tentunya minta seberapa besar "proyek penelitian"  atau "mission cost" dari LSM
tsb telah berjalan.. itu yang sangat penting.

Kontak person saya di CSIS waktu itu dg Bp Bernie dan Ibu Nancy, pada waktu
pertama saya melihat system accountingnya yang lama saya benar2 mengganggap
stupid, karena memiliki chart of account sampai ribuan bahkan mungkin lebih..
yang ketika saya jelaskan metode Link dan Sub Journal dapat jauh
mengefisiensikan dalam tujuan mengendalikan biaya proyek-proyek (solusi bagi yg
sering terjadi overlap atau joint cost)

Mengenai Laporan posisi keuangan dan Laporan aktifitas, pada dasarnya mudah
sekali di modifikasi.   Seandainya Bp Hadi berminat menjadi Distro - saya bisa
buatkan GL khusus versi non-Profit Organization dan bapak bisa merujuk PSAK 45.

Bapak bisa menggunakan Japri, bila berminat menjadi Distro saya untuk GL for
non profit Organization.

Rgrds
Richard Roesnadi