At 07:34 AM 2/23/2010, you wrote:

>Saya setuju bahwa hutang sangat diperlukan untuk mendongkrak
>pembangunan. Namun ada dua hal yang perlu disoroti :
>1. Umumnya, hutang luar negeri justru menjadi alat tersembunyi dari
>negara-negara kreditur untuk menjajah negara-negara berkembang.
>Umumnya, negara berkembang diberikan hutang terus-menerus sampai
>hutangnya tak mungkin terbayar lagi sehingga negara berkembang itu
>dapat ditodong (dengan syarat-syarat yang amat menekan) untuk
>menjual sumber daya alamnya dengan harga murah meriah.

Utang yg dimaksud itu utang komersial atau ODA?
Sebesar apa sih besar bunga utang yang disebut sampai tak terbayar
itu?  Anda punya datanya?
Sebesar apa sih utang tersebut?  Anda bisa sebutkan nominalnya?
Sumber daya alam mana yang anda sebut dijual dengan harga "murah
meriah" itu?  pada periode kapan?

Kirim email ke