3 rangers dan 3rangers vad(volume ac dis) serta HOC (hawk One Cloud)
itu kreasi asal2an Hok1, yang berdasar pengalaman sy bertrading di
saham.
Selama ini khan kalau trending khan pake mov avg, aroon atau ADX.
Namun selalu terlambat, kemudian. Dicarilah metode yang bersifat
leading, terus dioptimasi, lalu dibacktest, kalau hasilnya bagus dan
membuat percaya diri di trading bertambah.
Tapi ini bukan berarti 3 rangers adalah indicator terbaik, namun ini
adalah indicator yg paling sy percayai. Jadi walaupun henkan aishin
disebut better candlestik, namun sy lebih sreg pake normal candlestik.
Saya sering kali melihat teman atau klien mempunyai  senjata indikator
sangat sempurna, namun tdk bisa trading karena malah meragukan
indicator tsb
Jadi buat sy, indikator apapun kalau tdk dipakai namanya jadi
IDIHKOTOR... Seorang klien sy yg dana tradingnya sangat besar, pakenya
cuma 1 indicator yaitu MA10, kalau close crossup MA10 buy, sebaliknya
sell. Sdh sy ajarkan pakai exponential, sy juga ajarkan optimasi(lebih
tepatnya sy buatkan optimasisanya) tetap aja nggak mau berubah, namun
hasilnya juga sangat gila. Disiplin entry exitnya akhirnya yg jadi
indikatornya yg plg efektif buat beliau.

--
Sent from my mobile device