Oic, kalau 318 % 2004 s/d 2010, wajar sekali. Saya 2005 sampai 2008 -> lebih
dari 500% dan saat 2008 hancur luluh  jadi debu, untung aja masih sisa 30%
(bukan kalah 30% ya, tapi tinggal 30%). 2009 sampai sekarang karena bullish,
ya kurang lebih 150% lha . Kalau saat bullish, even monkey melempar dart ke
lq45 aja berhasil kok jadi nggak perlu dibanggakan. Ini tdk sefomenal klien
saya, dari 400 juta di 2009 menjadi 3.8 milyar kalau dia jual ke kiri semua
hari ini. Ini karena beliau jauh lebih berani menggunakan leverage daripada
saya.

Saya terus terang tdk terlalu fokus di backtest dan optimasi, karena kadang2
saya lihat pertama2 dia beli cuma 2 atau 3 lot dan tiba2 dia bisa beli
ribuan lot dan loss lagi. Minimal size bisa diatur tapi maximal size tdk
bisa diatur.
Yang kedua dan Anda pun pasti sduah tahu, kalau kita pake through and peak,
maka sinyal buy yang keluar  tiba2 menghilang karena ada low baru hari
berikutnya.
Dan anda juga pasti tahu, kalau pemakaian Ref(h,1) atau Ref(L,1)  dnegan
kata lain memakai referen hari esok, kadang2 bisa dipakai untuk mengakali
backtest untuk mendapat hasil yang bagus.

Anak buah saya, dalam paper S2-nya membuat makalah mengenai backtest ini,
namun bukan diserahkan pada mesin, namun dihitung satu persatu dan dengan
konsisten hanya terus menerus menggunakan 100% dana yang tersedia (jadi
tidak pake money management, main gasruk terus), terus kalau beli diharga
1tick lebih tinggi dari close, jual diharga 1 tick dibawah close.
Ini lebih realistik, walaupun tetap buat saya backtest is just backtest,
nggak terlalu ngaruh pada future trading saya.

Jadi 'backtest' ala saya sangat sederhana.... Lihat tanda beli dan jual
selama minimal 1 tahun, kalau pake peak and through mohon dicoret sinyal
tsb. Kalau sinyalnya ada ref(H/L/C,1) sinyal inipun harus dihapus, tapi
kalau pakai ref(h/l/c,-1) atau data2 sebelumnya ini bisa dipakai. Namun
kalau datanya di-displaced, maka pemakaian ref(h,1) dll bsia dipakai.

Kalau pake MA, tentu saja kelemahannya adalah lagging, nah menurut saya lho,
daripada bercapek ria di baktest ini, apa nggak lebih berguna, kalau mencari
sinyal2 buy and sell yang lebih tepat (bisa pake candle, kalau nggak salah
sampean salah satu jagonya atau pake teknik lain). Betulnya nggak perlu
untung ratusan persen, kalau dalam sehari untung 1%, idealnya sudah untung
240% setahun.

itu pertimbangan dari saya, sorry kalau tidak mencerahkan.

H1

2010/7/28 NuTrader <saw...@yahoo.co.id>

> P Hok, saya setuju dengan memilah2 periode dalam optimasi,......
>
> yg menjadi kesulitan saya adalah bagaimana menentukan range periode tsb?
>
> 1.saat memilih tahun periode 2009, (Bullish....trend), saat memilih 2008
> (Bearish Trend) dsb
> 2. Hasil optimasi utk setiap emiten menunjukkan hasil yg sangat berbeda,
>
> sedangkan kita mau memakai hasil optimasi utk masa depan yg belum tahu
> apakah akan Bullish trend, bearish trend, reversal dan masih berapa lama
>
> mohon pencerahan dr P Hok.....

> [...]

Kirim email ke