Mas Nurcahyo,

Terima kasih komentarnya. Saya sudah buka *brangwetan.wordpress.com*. Wah,
bagus sekali dan lengkap sekali (untuk Jawa Timur, lho. Mudah2-an untuk
propinsi lain juga ada yang bikin seperti ini). Sayangnya, info bagus
seperti ini belum banyak diketahui para pemangku kepentingan pada tingkat
nasional (untuk Jawa Timur, saya yakin sudah banyak yang tahu).
Saya semakin yakin bahwa permasalahan kita adalah dalam *networking *(yang
masih kurang) untuk menyinergikan semua potensi yang ada (termasuk yang
telah dibuat mas Nurcahyo ini).padahal sarana teknologi (internet sudah
ada). Jadi kelihatannya, permasalahannya adalah karena belum adanya
manajemen budaya untuk menggalang semua potensi yang ada. Memang sudah
banyak organisasi, tetapi tanpa ada kesamaan visi dan tanpa adanya agenda
bersama, kalau meminjam judul sebuah sinetron, *ibarat "Serpihan Mutiara
Retak"*, atau ibarat orchestra, masing-masing  pemain hebat tapi main
sendiri-sendiri  tanpa ada patitur dan Dirigen. (he..he...,guyon juga, lho.
Aku yo wong Jawa Timur ,rek ! Wah, aku menyesal, padahal minggu lalu saya
seminggu di Surabaya/malang. Tahu gitu, kita bisa ketemu dan ngobrol-ngobrol
tentang agenda budaya.

Tadi sore saya jadi ketemu dengan teman2 di Bandung (a.l. mas Roch Basoeki,
Group IACI dan beberapa teman lagi). Mereka sependapat perlunya Forum
Kebudayaan bandung, antara lain ya untuk menyinergikan berbagai upaya yang
ada. Prof Gde raka dari ITB tidak hadir, tapi setuju dengan pembentukan
Forum Kebudayaan Bandung.

Apa yang dibuat mas Nurcahyo sudah bagus sekali. FYI, kami tidak akan
membuat situs sampai detail, tetapi kami hanya akan membuat semacam *
Directory* (Peta Konstelasi tentang semua parameter Budaya dan Penunjuk arah
agar konteks-nya kelihatan). *Kalau diijinkan, situs brangwetan akan kami
hyperlink di situs kami, agar dengan mudah dapat lebih diketahui pemangku
budaya di brangkulon dan branglain**.  *Cukup kami tambahkan kotak *Forum
Kebudayaan Daerah*, dan untuk jawa Timur di address ke situs brangwetan,
sehingga apa yang sudah sampeyan buat, kami tidak perlu membuat lagi. dan
kalau sampeyan berkenan, di situs sampeyan, ditambahkan/hyperlink ke *Forum
Kebudayaan Indonesia* *www.forumbudaya.org.*Inilah namanya sinergi.

Kalau saya boleh menyarankan, ada baiknya dibentuk Forum Kebudayaan
Surabaya, dengan *core team* grupnya mas Nurcahyo. Nanti tinggal memperluas
jaringannya. Saya akan kirimkan Draft Agenda Budaya yang kami buat, untuk
dapat kita sempurnakan bersama dan nanti kalau sudah banyak yang sepakat
(tidak perlu semua sepakat, kalau sulit), kita tingkatkan menjadi Gerakan
Budaya.

Acara Kongres Budaya di Bali, saya diundang dan diminta untuk menjadi
pembicara. walaupun yang diminta adalah topik tentang *creative
economy*/industri
budaya, tapi akan kami lengkapi dalam konteks Revitalisasi Budaya Bangsa,
termasuk Visi, Misi dan Agendanya. Dan alangkah baiknya kalau pada saat
kongres nanti, Forum Kebudayaan Bandung dan Forum Kebudayaan Surabaya sudah
terbentuk, sehingga jaringan kita akan semakin kuat, dan kami bisa
menyampaikan keinginan dari teman-teman.

Sudah dulu, tabik !

salam,
Luluk Sumiarso

Kirim email ke