Soeharto juga pernah dihina seperti George W - Re: Geoge Bush dan Sepatu
Indonesia juga menjajah Timor Timur. Lupakan mitos integrasi, masaak
hari gini masih percaya dongeng integrasi, Bung.

Maka, saya kira analoginya tepat jika org TimLeste menghina Soeharto
seperti wartawan Irak Muntadar el-Zaedi menyambit sepatu ke George
Bush. Di Washington Post banyak komentar yang menilai peristiwa tsb
merupakan 'insult' sekaligus 'amusing'. Substansinya insult, dan
kejadiannya lucu, sehingga berita tsb jadi 'sexy'.

Hal yang sama - insult, amusing, sexy - agaknya pernah terjadi juga
terhadap Kepala Negara RI. Ketika Soeharto berkunjung ke Dresden,
Jerman, tahun 1995, dia dan Wapres B.J. Habibie pada saat memasuki
Museum di Dresden disambut belasan demonstran TimTim. Para demonstran
membawa panci dsb untuk membuat suara gaduh yang memekakkan, sebagian
lagi membawa koran koran yang digulung menjadi pentungan.

Menurut sejumlah saksi mata (aktivis TimTim dan wartawan Jerman), ada
beberapa pemuda TimTim yang berhasil menggebuk kepala Soeharto dan
Habibie dengan pentungan koran tsb. Ini terjadi ketika kedua tamu
negara ini tepat memasuki gerbang museum. Gerbang tsb berada di tengah
taman, jadi berjarak beberapa meter dari tempat mobil rombongan
berhenti.

Sayang sekali, peristiwa historis ini tidak pernah masuk media massa
lokal, apalagi media di Indonesia. Setahu saya tak ada fotonya, tapi
ini bisa dicek di kalangan aktivis Jerman dan anggota parlemen Tim-
Leste yang dulu mencari suaka di Eropa. Saya sendiri naik kereta api
yang terlambat datang dari Berlin, sehingga setiba di museum di
Dresden, Soeharto cs sudah berada di dalam gedung.

Sekedar for the record,

Btw, ada baiknya AJI kirim salam kepada TV Baghdadida, tempat Muntadar
el Zaidi bekerja, dan solider seperti media TV Amerika menuntut agar
Muntadar dibebaskan (lihat Trib iht.com 15 des).

salam,
Tossi AS

--- In jurnali...@yahoogroups.com
T7NiavRqfE613ujq4R1fO0S2owT2Sd_PZSrTsvT63WKclNbw2pbFt1QA4MmA9xfX6CogK67g\