Itu juga hal biasa kok.
saya juga yg namanya install linux juga baru kali ini
kok.  Cuma pilih distronya Xandros aja.  Untungnya
Xandros itu gampang installnya, seperti install XP
aja, cuma setting setting nya yang perlu dipelajari
nich.
 Sampai saat ini aja saya masih bingung kalo mau
install aplikasi under Linux, kenapa ngak pernah
berhasil yaa.

Kalau saya harus compile sendiri dari source nya, di
Linux C nya sudah include atau masih perlu setting
pathnya lagi yach.  Soalnya kvirc kan ada source nya.
Ada makefile juga kalo ngak salah.  Cuma kalo bisa sih
saya inginnya yang tinggal install langsung jalan aja.

Kalo kemaren dibilang model RPM, itu menunya / syntax
nya gimana. belum sempet cari tau nich.

Ada bagusnya juga sih kalo ada yang mau
menyelenggarakan pelatihan program linux for Wnet.
Misalnya dari Kominfo/Awari bekerjasama dengan
universitas ilmu komputer di Jakarta.  Tempatnya di
beberapa tempat biar cukup tersebar, misal di Gedung
Cyber, di kampus kampus yg ada jurusan komputernya,
dll.  Tentunya dengan biaya yang terjangkau, dan
materinya standard utk warnet, misal :  Install Linux
(debian / fedora),  terus cara install aplikasi wnet
(kvirc, Gaim, staroffice, open office, transgaming(
kalo bisa)  dan aplikasi yg standar warnet lah), model
model install aplikasi : rpm,  dpkg, compile from
source.    Setting user policy,  modem connection,
proxy.   Kayaknya workshop sehari atau dua hari
tentang hal diatas sudah cukup untuk para warnet.
Sekali udah mengerti cara install aplikasi dan juga
kalo ada problem cara solved nya gimana, soalnya
banyak aplikasi linux yg sangat library dependant dan
juga distro dependant sih.

Saya kira warnet yang sekarang lagi belajar linux,
untuk install Linux nya saja dari CD, pada berhasil,
tetapi setelah itu mau install aplikasi lainnya,
seperti kvirc, yahoo messenger for linux, setting
proxy (jika pakai proxy),  mungkin banyak yang ketemu
kendala, karena masih belum tau trick dan tips nya
(seperti kita ini lohh).

Sekalian mau tanya ama yang ngerti nich kenapa saat
saya install dapat error seperti ini, kurang nya di
mana sih...  Saya install sebagai root.

Test:~/Desktop# dpkg -i kvirc_3.2.0-sarge2_i386.deb
Selecting previously deselected package kvirc.
(Reading database ... 51958 files and directories
currently installed.)
Unpacking kvirc (from kvirc_3.2.0-sarge2_i386.deb) ...
dpkg: dependency problems prevent configuration of
kvirc:
 kvirc depends on kvirc-data (>= 2:3.0.0); however:
  Package kvirc-data is not installed.
 kvirc depends on kdelibs4 (>= 4:3.3.2-4.0.2);
however:
  Version of kdelibs4 on system is 4:3.3.0.45-1.
 kvirc depends on libarts1 (>= 1.3.2); however:
  Version of libarts1 on system is 1.3.1-1.
 kvirc depends on libasound2 (>> 1.0.8); however:
  Version of libasound2 on system is 1.0.6-3.
 kvirc depends on libfontconfig1 (>= 2.3.0); however:
  Version of libfontconfig1 on system is 2.2.3.x.1-16.
 kvirc depends on libglib2.0-0 (>= 2.6.0); however:
  Version of libglib2.0-0 on system is 2.4.7-1.
 kvirc depends on libidn11 (>= 0.5.13); however:
  Version of libidn11 on system is 0.5.2-3.
 kvirc depends on libogg0 (>= 1.1.2); however:
  Version of libogg0 on system is 1.1.0-1.
 kvirc depends on libpng12-0 (>= 1.2.8rel); however:
  Version of libpng12-0 on system is 1.2.7-1.
 kvirc depends on libqt3c102-mt (>= 3:3.3.4); however:
  Version of libqt3c102-mt on system is 3:3.3.3.2-4.
 kvirc depends on libvorbis0a (>= 1.1.0); however:
  Version of libvorbis0a on system is 1.0.1-1.
 kvirc depends on libvorbisenc2 (>= 1.1.0); however:
  Version of libvorbisenc2 on system is 1.0.1-1.
 kvirc depends on libvorbisfile3 (>= 1.1.0); however:
  Version of libvorbisfile3 on system is 1.0.1-1.
dpkg: error processing kvirc (--install):
 dependency problems - leaving unconfigured
 kvirc