banyak saksi hidup di milis indo-bangkok
ngalamin dari unlimited dialup sampe pada langganan adsl/satelit
(tapi biarpun dialup tetep aja murni 56kbps speednya)
diantaranya kang nizar saat ini kayaknya masih di bangkok
saya sendiri udah di negara lain
bbrp bulan gak nengokin "rumah kedua"

kadung ngerumpi sekalian ngeluarin unek2
gatel kalo gak cuap2 maaf rada ngelantur dikit

kira2 10 tahun lalu selagi saya masih di indo
kebetulan punya duit sedikit
akhirnya coba beli mobil baru
karena dananya pas2an dan saya perlu untuk bandung jakarta tiap weekend
akhirnya saya beli pick up
nah sialnya kalo pick-up mesti ada namanya KIR waktu itu
ngurusin KIR resenya setengah mati walaupun ikutan ama biro jasa
hal yg lucu banget kalo kita pindah test tiap meja istilahnya
kita harus bayar disana
jadi 7 meja
7 kali bayar duit

ini salah satu kelucuan indonesia
mereka gak akan bisa buka satu kasir buat bayar semua
karena setiap bagian pengen punya kasir sendiri
dan masing2 manipulasi duit sendiri

itu contoh pertama

contoh kedua
terakhir saya tahu tol di indo bayar manual atau pake karcis langganan bayar
duluan
walaupun bisa dipermudah dengan system seperti ipass yg otomatis
seperti di amrik atau singapur mereka nggak akan mau
karena mereka seneng cash
dengan cash lebih mudah kalo ngibul2
akhirnya kalo bayar tol antrian bisa panjang
gak bisa otomatis pake alat yg lewat langsung ngurangin nilai
dari balance pra-bayar yg ada

itu contoh kedua

contoh lainnya silakan cari sendiri sekalian merenung kalo mau tidur :p

kaitannya ama internet di indonesia?

penguasa telekomunikasi, gak akan mau sharing duit dengan bagian lain
sebisa2nya corong duit yg bisa lewat dia akan dia lewatin kesitu semua
gak akan mau mereka menciptakan duit dan masuk ke NKRI sebagai kasir
atau membuat NKRI sebagai kasir yg terpusat
persis seperti manajemen KIR yg dulu, yg tadi saya ceritakan (maaf yg sekarang
gak tau
kaya gimana)

kemudian saya ceritakan satu hal lagi (sering dulu saya post hal yg sama)

salah satu contoh telkom sebagai penguasa kawat telepon ke rumah2
udah gak bisa nyedian adsl ke kota2 kecil tapi kawatnya tetep dikangkangin
saya contohkan di thailand
di thailand ada 5 pemegang ijin PSTN
kode akses sama
gak konyol2an dibikin 2 kode akses (bayangin kalo ada 5 provider dibikin kaya
indo jadi 5
kode akses dong....
bayangin lagi amerika yg puluhan provider PSTN, kode akses mah sama akang... )
tapi di thailand anda bisa pake ISP manapun regardless saluran telpon punya
provider yg
mana

resepnya? gampang
dari setiap line adsl yg dipake mereka misal suruh bayar 100 baht sebulan ke yg
punya
kawat telpon, toh untung gak usah ngapa2in dapet duit
kalo ada masalah org isp yg benerin
kalo 10000 line (1 sub-unit STO) udah dapet sejuta baht sebulan
di indonesia?
line MMA telkom/astinet
di charge per kilobyte bo..., atau limit per sekian giga selewat itu bayar lagi
coba kalo misal gak terlalu rakus
sewain aja kawatnya
gak usah mahal2 deh misal flat $10 sekitar RP 100ribu sebulan
dengan tanpa ada nilai investasi tambahan
dari 10000 line kan bisa dapet $100000 alias semilyar
that's easy money
gak usah nambah manpower
gak usah nambah resource, malah line terpelihara karena ada org ISP yg handle
komplen

prinsip "gue jual semahal2nya yg pake dikit" lebih untung
daripada "gue jual murah banyak yg pake"

terus terang pemikiran ky saya ini banyak yg gak suka
karena apa? org indonesia yang pinter2 sukanya mikir yg susah2nya
begitu dihadapan satu case
jawabnya pasti "wah gak semudah itu"...

saya sih balik ke bukti konkret aja
thailand jauh dari amrik gudang backbone
even the other side of the world
kenapa mereka bisa?

terus terang org2 thailand bodoh2 (bukan soal IQ)
kebetulan saya jg ikutan milis orang2 thailand
sering banyak yg nanya "bagai mana cara buka attachment di email?"
atau pertanyaan2 yang mmmmhhh....dungu kalo saya bilang
lain lagi di milis awari ini
pertanyaan2 teknis udah berat2
menandakan tingkat penguasaan org indo ini pinter2

gimana? masih mau kalah ama negara bodoh?

ada hal lain lagi yg sering jadi bahan tertawaan

dulu peluncuran satelit palapa
thailand sampe ikut bangga
nyiarin acara langsungnya di TV
dan siaran langsung ini sampe masih melekat di memori mereka
pernah mereka tanya gimana akses satelit di indo murah dan gampang donk?
asumsi mereka yg punya satelit duluan rakyatnya udah bisa punya akses sateit
gampang
saya jawabnya aja malu2 dan sejujurnya
akhirnya mereka tertawa2
dulu thailand nebeng satelit ke indo
sekarang thailand punya banyak satelit
sampe di gunung2 dan pulau2 terasing aja ada warnet

ada hal lagi yg bikin sedih
soal wireless/wifi
temen2 saya bilang di indonesia dipake longhaul bukan cuma untuk warnet
tapi juga dipake perusahaan2 besar dan bank2
padahal pemandangan seperti itu saya cuma bisa lihat di bangladesh...
berarti soal beginian kita ama bangladesh mirip
kasihan bener bank aja sampe gak mampu beli leased line
sampe rela pake wifi modifikasian jadi longhaul...

begitulah segumpal unek2
yang mau nimpalin silakan
yang mau ngasih nada miring silakan
cuma satu saja jangan mulai kalimat dengan
"gak semudah itu" saya udah bosan
udah tadi saya bilangin, kok orang lain yg notabene sempet tertinggal jauh dari
kita aja
bisa......

oh ya untuk sejarah internet di thailand website nectec tadi ada historynya
silakan aja
obrak abrik :p

--- johan eko prasetio <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> jep : saya nangkap pointnya pak.. and ternyata negara kita sudah jauh
> tertinggal yah...
> memang di negara kita untuk urusan akses masih lebih banyak jualan saluran
> daripada content, sehingga ngejarnya revenue di akses.. , apa ada link2
> artikel lagi yang berhubungan pak tentang pengembangan content di Thailand,
> kalau ndak keberatan pak. Terima kasih sebelumnya.
>

> salam,
>

> johan eko prasetio
> ManTel UI

Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
http://farechase.yahoo.com

AIDS in India: A "lurking bomb." Click and help stop AIDS now.
http://us.click.yahoo.com/VpTY2A/lzNLAA/yQLSAA/vbOolB/TM