Quoting totalnet_mks <[EMAIL PROTECTED]>:

> Hi Guys,
>
> As you may have read in my previous posts, I am opening a warnet in
> Bandung with 10 PC's (for gaming and browsing).Saya ingin berikan
> konsumen koneksi tercepat dan paling reliable.

10 PC's itu kl buat Games rasanya sangat minim.
Games itu makin banyak PCnya maka akan semakin bagus krn mereka bisa maen antar
mereka atau bermain berkelompok (tim)
Untuk games, menurut saya minimal 20PC.

Kl hanya untuk internet, 10 PC's juga rasanya terlalu minim atau pas-pasan...
idelanya 12-15 PC's

Toh biaya dan kebutuhan b/w ga beda jauh 10 sama 15 PC :)

> [...]
> 512 Kbps Rp 15.317.500
>
> 2. Telkom Speedy
>
> Sekitar 3.500.000 untuk koneksi 384 (i think) - Paket Warnet...
>
> Bagaimana kalau ambil 2 koneksi dan membagi setiap koneksi dengan 5
> komputer?
>
> 3. Indonet
>
> Wireless - CIR (Committed Information Rate)garanteed minimal 50%
>
> 128 (1:1) Kbps Rp. 6.930.000,-
> 256 (1:1) Kbps  Rp. 12.000.000 - (Nego)
>
> Kira-kira yang mana paling cocok untuk warnet dengan 10 PC dengan
> menginat bahwa saya mau memberikan kecepatan yg tinggi kepada user.

Saya ga tau dan belum pernah mencoba melsa.
Tp melihat teknologi yg digunakan yaitu SDSL, maka saya cenderung
merekomendasikan Melsa daripada Telkom speedy (ADSL).
ADSL sangat tidak cocok buat warnet atau games online. Trafik uploadnya terlalu
kecil. Jika ada 1 atau 2 user yg menggunakan webcam maka akan bikin lamban
trafik (krn trafik keluar full). Begitu juga kl ada 1 user yg kirim
attachment... imbasnya akan bikin macet trafik masuk.

Wireless itu tergantung kondisi disana. Cuman wireless ini sangat berpengaruh
terhadap cuaca dan interferensi frekuensi dgn perangkatwireless lainnya.

Untuk 10 PC's saya sangat tidak menyarankan menggunakan 2 koneksi, kecuali kl
punya uang berlebih :D

Salam,
~bill fridini~