AC anda 1 PK kan?

1PK (parkkounde) kalo engga salah artinya tenaga kuda = 1HP (horse
power) = 740watt
ac 1 pk seharusnya mempunyai kapasitas pendinginan sekitar 9000btu/hr.

berarti walaupun merk anda murahan, sebenarnya kapasitas pendinginannya
adalah sama dengan ac merk terkenal.
so dont worry be happy..

daya ac 1 pk adalah daya maksimal running. sedangkan pada saat ac start
mungkin nyedot listriknya bisa sampai 820 watt, tapi itu cuma terjadi
kurang lebih 1 menitan. Dan pada saat runing normal disesuaikan dengan
temperatur ruangan, jika masih panas maka daya mungkin 740watt lalu
menjadi dingin semakin berkurang tapi cuman sampai 720watt an lah,
jangan harap lebih turun.. hehehehe...

cara perhitungan beban ac kasar yaitu:

luas ruangan x tinggi/3 x konstanta = daya ac yang dibutuhkan
p x l x (t/3) x 0,07 = PK

namun perhitungan tersebut sangat saya tidak anjurkan karena itu berlaku
untuk ruangan sederhana seperti kamar (ruang tidur)
jika perkantoran maka hasilnya biasanya saya kalikan 2.

p x l x (t/3) x 0,07 = PK x 2 = PK (kebutuhan kantor/warnet)

saran saya jika ruangan ber AC dan ingin optimal serta hemat listrik:
pintu model sliding
pakai air curtain di pintu masuk (kalau ada duit berlebih sih)
exaust dibutuhkan jika ruangan dipakai rokok/ jika dilarang merokok maka
tidak perlu exaust (maksud anda nambah exaust 2 buat apa?)
penempatan exaust jangan simetris dengan jalur udara ac
pilih ac dengan energy saver
pilih freon ramah lingkungan, jangan beli yang masih freon R22/R12 kalau
bisa hidrocarbon sangat hemat listrik hingga 30%.
set temperatur 25Cdeg, selain irit listrik, terlalu dingin juga tidak
baik buat kesehatan.

apa lagi ya.. itu aja kali..

salam,

hilfan