Wa'alaikum salaam
Salafiyyah itu sendiri sebenarnya adalah nisbah atau
penyandaran, penyifatan kepada salaf. Salaf yg
dimaksud adalah tiga generasi awal kaum muslimin yaitu
generasi shahabat, tabi'in dan tabi' tabi'in (yang
direkomendir atau diakui keutamaannya oleh Rasulullaah
Muhammad SAW), jadi lebih merupakan kumpulan sifat.
Sebagaimana seseorang dikatakan muslim jika ia
menunjukkan sifat-sifat sebagai muslim (rukun islam).
Maka siapapun, dari golongan manapun, dari zaman
apapun, jika ia bersifat dengan sifat salaf maka ia
dikatakan salafy dan mereka termasuk kedalam "jamaah
salafiyyah" walau ia sendirian (dan pada dasarnya
seluruh kaum muslimin adalah salafy hingga ia berubah
atau beralih ke pemahaman lain yang pasti menyimpang
dimana penyimpangan tersebut dapat saja mengeluarkan
pelakunya dari "jamaah salafiyyah").
Kata salafiyyah atau salafy itu sendiri kemudian bisa
berubah menjadi seruan atau slogan hizbiyyah yang
tercela jika hanya dijadikan alat pembenar dari
pemahaman individual dan tindakan ekslusif yang
disandarkan kepada salafiyyah padahal pemahaman
salafiyyah tidak demikian adanya. Ciri-ciri slogan
hizbiyyah ini diantaranya
1.Menjadikan pemahaman sendiri sebagai acuan kemudian
diklaim sebagai pemahaman salafy,
2.Mencari kemudian menggunakan (yang tepat sebenarnya
memanipulasi) fatwa-fatwa 'alim 'ulama salafy yang
sifatnya kondisional dan relatif sebagai legitimasi
terhadap tindakan atau sikap yg menyimpang, yg mana
para 'ulama itu sendiri berlepas diri dari hal
tersebut.
contoh aplikatif terhadap hal diatas :
Penggunaan fatwa Syaikh al 'aliim al muhaddits
Nashiruddin al-albany terhadap kaum muslimin di
Aljazair (FIS) sekitar 90-an ketika FIS terjun ke
politik praktis dan mereka meminta nasehat kepada
Syaikh rahimahullaah dimana syaikh kemudian menasihati
mereka untuk melakukan hal yang lebih penting yaitu
mencetak 'ulama2 (belajar). Tapi mereka terus mendesak
dengan mengklaim bahwa mereka didukung oleh jutaan
manusia hingga syaikh mengeluarkan fatwa bolehnya
mereka masuk ke dalam parlemen dengan persyaratan yang
amat sangat berat (yang tidak mungkin mereka
penuhi)dan sejarah mencatat akhir kesudahan riwayat
FIS yang menyengsarakan kaum muslimiin di Aljazair.
Di kemudian hari syaikh ditanya tentang fatwa
tersebut, syaikh menjelaskan bahwa syarat-syarat yang
beliau sebutkan dalam fatwa itu sifatnya teoritis dan
spekulatif yang amat sukar untuk dipenuhi (Pada
dasarnya syaikh sangat tidak setuju dengan usaha
masuknya mereka ke parlemen) <silahkan rujuk ke buku
syaikh abdul malik ramadhani dan kaset silsilah alhuda
wannuur>. Fatwa syaikh tersebut kemudian dimanipulir
oleh beberapa kelompok harakiyyah ikhwaniyyah yang
mengaku-aku sebagai salafy, untuk menggiring kaum
muslimin terutama pengikut-pengikut mereka yang
kebanyakannya tertipu dengan jubah salafiyyah yang
mereka pakai untuk ikut meramaikan kubangan politik
demokrasi kafiriyyah. Silahkan lihat contoh manipulasi
fatwa tentang pemilu di sebuah situs yayasan yaitu
Yayasan Al Wahdah Al Islamiyah Makassar (sebuah
kelompok haraki yang mengaku salafy).

(dinukil secara bebas dari penjelasan syaikh ibn baz,
al-albany, al'utsaimin, al fauzan, al imam dan
lain-lain rahimahumullahu wa hafidzahumullahu dengan
tambahan beberapa sumber juga secara bebas).

Demikian sedikit dari kebodohan saya. yang benar itu
datangnya dari Allah dan yang salah datanggya dari
saya
dan syaithon.

--- MU SPTI <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum,
> Ana mau menanyakan tentang jama'ah salafiyah, apakah
> selama ini
> terorganisasi dengan rapi dan apakah ada pendirinya.
> Mohon bagi antum yg tahu, tolong jawabannya
> Jazakumullahu khoiron katsiro
>
> from : Abu ghifari

Send holiday email and support a worthy cause. Do good.
http://celebrity.mail.yahoo.com

Give hope to a child.
Helping a needy child is easier than you think.
Click here to meet someone who needs your help.
http://us.click.yahoo.com/hq3f6C/iJlJAA/i1hLAA/TXWolB/TM