Sepengetahuan ana yang didapat dari kajian Ust Abdul hakim, bahwa tidak
dibolehkan mengunjungi orang Nashoro yang mati, kecuali yang masih sekarat,
sebagaimana Nabi saw pernah membezuk orang yang yahudi yang sakit. (kemudian
masuk islam dan meninggal) karena org kafir mati sudah habis harapan untuk
masuk islam.

abu salsa

Abu Muhammad <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakatuhu,

hadits yang lebih jelas menunjukkan, bahwa Rasulullaah sholloohu 'alaihi wa
sallam tidak mengunjungi orang  kafir yang sudah meninggal.

'an aliyyib nib abii tholibin rodhiyalloohu 'anhu annahu ataannabiyya sholloohu
'alaihi wa sallama faqoola innaa abaa thoolibin maa ta, faqoolaa idzHab fawaa
rihi qoola innahu maa ta musyrikaan qoola idzHab fawaarihi falammaa waa roytuhu
roja'tu ilaiyhi faqoola lii ightasil.

dari 'Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu, bahwasanya ia pernah menghadap Nabi
sholloohu 'alaihi wa sallam lalu berkata : "Sesungguhnya Abu Thalib telah
mati." Nabi sholloohu 'alaihi wa sallam bersabda : "Pergi dan kuburkanlah
mayatnya!" kemudian 'Ali bin Abu Thalib radhiyallaahu 'anhu berkata lagi
"Sesungguhnya dia mati dalam keadaan musyrik" Nabi sholloohu 'alaihi wa sallam
bersabda lagi : "Pergi dan kuburkanlah mayatnya!" Ketika aku ('Ali) telah
menguburkan mayatnya, aku lalu kembali menghadap Nabi sholloohu 'alaihi wa
sallam, lalu beliau bersabda kepadaku : "Mandilah kamu !" (driwayatkan oleh
Imam Abu Dawud  dan Imam Nasa'i ).
(hadits ini ana nukil dari bab mandi sunnah, kutaib saduran dari karya Dr.
Sa'id  bin 'Ali bin Wahf al Qahthani).

{{{{{ padahal :
- Abu Thalib paman rasulullaah sholloohu 'alaihi wa sallam
- Abu Thalib mengurus beliau ketika kecil yatim piatu.
- Abu Thalib  membela beliau dari sebagian kaum musyrik.
- Rasulullaah sholloohu 'alaihi wa sallam manusia yang paling tahu membalas
budi }}}}

jika kita datang ke tempat orang kafir meninggal, tidak ada gunanya sama sekali
karena Allah 'Azza wa Jalla melarang kita mendo'akan mereka, musyrikin, yang
meninggal.
"Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun
(kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu
adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang
musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam."
(terjemah QS At Taubah ayat 113).

sebaliknya, bagi mereka, muslimin yang meninggal kita diperintahkan mendo'akan
mereka untuk ampunan Allah, meskipun yang meninggal dikenal fasiq.
"Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain
Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin,
laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat
kamu tinggal."
(terjemah QS Muhammad ayat 19).

syaikh Shalih al Fauzan telah membuat kutaib berjudul "Al Wala' wal Bara' ",
sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

semoga bermanfaat.

wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuhu,

abu muhammad

Paula Dina Setyawati wrote:

> Assalamu alaikum
>
> ana mau tanya bagaimana hukumnya melayat org nasrani
> meninggal apakah di bolehkan atau tidak? kalau
> di boleh kan apa yang harus kita lakukan ditempat
> org yang meninggal?
>
> wassalamu 'alaikum

Yahoo! Mail Mobile
Take Yahoo! Mail with you! Check email on your mobile phone.

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/0Z9NuA/I_qJAA/i1hLAA/TXWolB/TM