hisham sam wrote:
> Assalamualaikum,
> Terimakasih diatas apa yg disampaikan ...disini saya nak tanya
> tentang perbuatan mengusap muka selepas berdoa mengangkat
> tangan...boleh dikatakan semua orang di malaysia...
> mengamalkan nya ...
> sekian terimakasih .

Wa alaikumsalam warahmatullahu,

Ana nak cuba jawab insya Allah berguna

TENTANG MENGUSAP WAJAH SETELAH QUNUT ATAU BERDO’A

  Oleh
  Al-Ustad Yazid bin Abdul Qadir Jawas

  Adapun mengusap wajah sesudah qunut atau do’a, maka perinciannya
adalah   sebagai berikut :

  [1]. Tidak ada satu pun hadits yang shahih tentang mengusap muka
dengan   telapak tangan setelah berdo’a. Semua  hadits-haditsnya
sangat lemah dan   tidak bisa dijadikan hujjah, jadi tidak boleh
 dijadikan alasan tentang bolehnya mengusap.

  [2]. Karena tidak ada contohnya dari Rasulullah
 Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka mengamalkannya merupakan
perbuatan  bid’ah[1]

  [3]. Begitu juga tidak ada satu pun riwayat yang shahih dari Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak juga dari  para Shahabatnya
tentang mengusap muka sesudah qunut nazilah.

  [4]. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Adapun tentang Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat kedua tangannya di waktu
berdo’a, maka sesungguhnya telah datang hadits-hadits yang shahih
lagi) banyak jumlahnya.

  Sedangkan tentang mengusap muka, tidak ada satu pun hadits yang
shahih, ada satu dua hadits, tetapi tidak dapat dijadikan hujjah[2]

  [5]. Imam Al-‘Izz bin Abdis Salam berkata: “Tidaklah (yang
melakukan) mengusap muka melainkan orang yang bodoh.” [3]

  [6]. Imam An-Nawawy berkata: “Tidak ada sunnahnya mengusap
muka.”[4]

  [6]. Imam Al-Baihaqi juga menjelaskan bahwa tidak ada seorang pun
dari ulama Salaf yang melakukan pengusapan wajah sesudah do’a qunut
dalam shalat. [5]

  MENGUSAP WAJAH SESUDAH BERDOA

  Oleh
  Ismail bin Marsyud bin Ibrahim Ar-Rumaih

  Sebagian orang sesudah berdoa mengusap wajah dengan  kedua telapak
tangannya, padahal tidak ada hadits satupun yang shahih yang
membenarkan perbuatan tersebut. Yang paling baik adalah mengikuti
sunnah Rasul dan yang paling buruk adalah segala tindakan menentang
sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seorang yang berdoa
hendaknya tidak mengusapkan kedua telapak tangan sesudah berdoa,
sebab tanpa itu dia akan mendapat pahala.

  Abu Daud berkata bahwa saya mendengar Imam Ahmad ditanya oleh
salah seorang tentang hukum mengusap wajah sesudah berdoa, maka
  beliau menjawab : “Saya tidak pernah mendengar itu dan saya tidak
pernah  mendapatkan sesuatu tentang itu. Abu Daud berkata : Saya
tidak pernah melihat Imam Ahmad mengerjakan hal itu. [Abu Daud dalam
Masail Imam Ahmad hal.71]

  Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata bahwa mengangkat tangan pada
saat berdoa adalah sunnah berdasarkan hadits-hadits yang sangat
banyak, tetapi tentang mengusap wajah dengan kedua telapak tangan
  tidak saya temukan kecuali satu atau dua hadits, itupun tidak bisa
  dipakai sebagai dasar amalan tersebut.[Majmu Fatawa 22/519]

  Syaikh Al-Izz bin Abdussalam berkata bahwa tidaklah mengusap wajah
dengan kedua telapak tangan sesudah berdoa kecuali  orang-orang
bodoh saja. [Fatawa Izz bin Abdussalam]

sumber http://www.almanhaj.or.id

  [Disalin dari buku Jahalatun Nas Fid Du’a edisi ndonesia Kesalahan
Dalam Berdo’a hal. 75-76 &81-82ul Haq]
____________
  Foote Note
  [1]. Lihat Irwaa-ul Ghaliil II/178-182, Shahih Kitab  al-Adzkar wa
Dha’ifuhu  hal. 960-962.
  [2]. Majmu’ Fataawaa Ibnu Taimiyyah XXII/519.
  [3]. Irwaa-ul ghaliil II/182, Shahih Kitab al-Adzkar wa Dha’ifuhu
hal.960-962.
 [4]. Ibid.
 [5]. Sunanul Kubra al-Baihaqi II/212 Lihat juga kitab Majmuu’
Fataawaa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, XXII/519, lihat juga Do’a &
Wirid hal. 68-69, cet. IV, oleh penulis.
 [6]. Lihat Buku Do’a & Wirid hal. 200-201, cet. IV, oleh penulis.
 [7]. Lihat Irwaa-ul Ghaliil fii Takhriiji Ahaadits Manaaris Sabiil
II/178-182, hadits no. 433-434 dan Shahih al-Adzkaar wa Dha’iifuhu
hal. 960-962.

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM