----- Original Message -----
From: "piko_ipal" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 28, 2006 9:30 PM
Subject: [assunnah] tanya hadits meratapi mayit

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

wa`alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

> saya pernah membaca penggalan sebuah hadits yang kurang lebih berbunyi
> seperti ini "salah satu kebiasaan jahiliah yang masih menghinggapi
> umatku adalah meratapi mayit, ...". yang ingin saya tanyakan adalah:
> 1. bagaimana derajat hadits ini dan bagaimana redaksi lengkapnya?

Mungkin yg dimaksud adalah hadits berikut ini yg berbunyi :
dari Abi Malik Al-Asy'ari bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
bersabda:"Empat perkara yang terdapat pada umatku dari
perkara perkara jahiliyah yang mereka tidak meninggalkannya: bangga dengan
kedudukan, mencela nasab (keturunan), mengharapkan hujan
dengan bintang-bintang dan meratapi mayit." (HR. Muslim)

Hadits tersebut adalah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam
kitab Shahihnya

> 2. bagaimanakah yang diajarkan Rasulullah tentang berduka cita?

RINGKASAN CARA PELAKSANAAN JENAZAH

Oleh Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid

[Tulisan ini hanya ringkasan dan tidak memuat dalil-dalil semua permasalahan
secara terperinci. Maka barangsiapa di antara pembaca
yang ingin mengetahui dalil-dalil setiap pembahasan dipersilahkan membaca kitab
aslinya "Ahkamul Janaaiz wa Bid'ihaa" karya Syaikh
Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah]

XIV TAKZIYAH

[1] Disyariatkan bertakziyah pada keluarga mayyit, yaitu menganjurkan supaya
mereka bersabar, mengharapkan pahala serta mendo'akan
mayyit.

[2] Bertakziyah dengan menyenangkan mereka serta meringankan kesedihan mereka,
membuat mereka redla dan sabar sesuai dengan yang
teriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. [Seperti : "Sesungguhnya
milik Allah apa yang Dia ambil, milik Allah apa yang
Dia berikan, segalanya sudah ditentukan di sisi Allah bersifat sementara, maka
hendaklah bersabar dan mengharapkan sepenuhnya kepada
Allah"]. Ini dibaca jika ia masih ingat yang sah dari Nabi Shallallahu 'alaihi
wa sallam, jika lupa maka cukup dengan kata-kata yang
baik dan bisa membawa kepada tujuan takziyah dengan cara yang tidak menyalahi
syari'at.

[3] Takziyah tidak dibatasi tiga hari, kapan sempat saat itupun dapat dilakukan.

[4] Harus menghindari dua hal berikut ini, meskipun sudah dilakukan secara
turun-temurun oleh banyak orang :

[a] Berkumpul untuk bertakziyah pada suatu tempat khusus, seperti rumah,
kuburan atau masjid.
[b] Keluarga mayyit sengaja menyiapkan makanan untuk orang-orang yang datang
bertakziyah. (Seperti pada hari ketiga, ketujuh,
keempat puluh atau waktu yang lain yang sama sekali tidak ada landasannya di
dalam syari'at).

[5] Yang ada di dalam sunnah : Para kerabat mayyit dan tetangganya membuatkan
makanan untuk keluarga mayyit supaya mereka kenyang.

[6] Disukai mengusap kepala anak yatim, memuliakan serta berlemah lembut
kepadanya.

XV YANG DAPAT BERMANFAAT BAGI MAYYIT

[1] Do'a orang muslim untuknya.

[2] Wali mayyit mengqadla/menutupi puasa nadzar mayyit.

[3] Utang mayyit dibayar oleh seseorang, walinya atau selain walinya. [Lihat
bagian III, F]

[4] Amalan shaleh dari anak shaleh dari sang mayyit, karena Ayahnya mendapat
pahala seperti phala anaknya tanpa mengurangi pahal si
anakl sedikitpun.

[5] Semua peninggalan baik sang mayyit, begitu pula amal jariyah.

[Disalin dari kitab Muhtasar Kiatab Ahkaamul Janaaiz wa Bid'auha, karya Syaikh
Muhammad Nashiruddin Al-Albany, diringkas oleh Syaikh
Ali Hasan Ali Abdul Hamid dan diterjemahkan oleh Muhammad Dahri Komaruddin]

Sumber : http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=529&bagian=0