Assalamu'alaiku warohmatullahi wabarokatuh,
setahu ana justru kita disyariahkan untuk menabung di bank syariah. Dan karena
sudah banyaknya bank syariah yg bermunculan di Indonesia, untuk menabung di
bank konvensional sudah tidak bisa dijadikan alasan darurat lagi. Dan setahu
ana (nggak tahu sekarang, mungkin lebih banyak lagi daftarnya), berikut data
nama2 bank syariah yang berpraktek secara Islami dan bebas riba. Data per
Nopember 2000 menunjukkan beberapa bank yang menggunakan praktek non ribawi
yaitu :
a.. Bank Muamalat Indonesia (BMI) pada 1 Nopember 1991
b.. Bank Syariah Mandiri (BMS) yang merupakan bank milik pemerintah pertama
yang menerapkan syariah. Asetnya kini sekitar 2 sampai 3 trilyun dengan 20
cabangnya.
c.. Konversi bank konvensional kepada bank syariah :
d.. Bank IFI (membuka cabang syariah pada 28 Juni 1999)
e.. Bank Niaga (akan membuka cabang syariah )
f.. Bank BNI `46 (telah memiliki 5 cabang )
g.. Bank BTN (dalam perencanaan)
h.. Bank Mega (akan menkonversikan anak perusahaannya menjadi syariah)
i.. Bank BRI (akan membuka cabang syariah)
j.. Bank Bukopin (akan membuka cabang syariah di Aceh )
k.. BPD Jabar (telah membuka cabang syariah di Bandung)
l.. BPD Aceh
Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan, dan mohon ditambah jika ada banyak
kekurangan.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh