Wa'alaikum salam wr. wb.

Mas Rendy yang baik, fenomena Arabisasi memang melanda
kaum muslimin... Kita sepakat kalau jilbab bukanlah
budaya Arab namun merupakan budaya Islam karena ada
dalilnya. Namun, istilah "ana (ada juga yang bilang
ane - seperti gua menjadi gue), afwan, jazakumullah,
antum, dsb." hanyalah bahasa Arab. Ya, pasti Nabi
Muhammad Saw, para sahabat, dan para tabi'in
menggunakannya karena mereka adalah orang Arab. Namun,
kaum-kaum kafir yang memerangi mereka pun juga
menggunakannya. Karena apa? Karena itu adalah bahasa
ibu mereka, bahasa Arab.

Para ulama sepakat (berijma') bahwa sholat dan adzan
harus dilakukan dalam bahasa Arab. Namun, setahu saya,
tidak ada dalil yang mengatakan bahwa semua orang di
dunia harus menggunakan bahasa Arab dalam keseharian
mereka. Bukankah Allah menciptakan manusia diciptakan
berbangsa-bangsa dan bersuku-suku?

Saya juga mengalami hal seperti itu. Temen-temen di
pergerakan Islam baik intrakampus maupun ekstrakampus
biasa menggunakan istilah seperti itu. Ada seorang
teman yang ingin membuat buku pergerakan dan
mengatakan bahwa bahasa yang digunakan nantinya adalah
bahasa gaul, namun Islami. Pernah juga saya berada di
sebuah pertemuan, bahwa lebih Islami jika kita gunakan
kata-kata seperti itu. Bahkan, istilah sumberdaya
manusia pun diganti dengan sumberdaya insani agar
lebih Islami.

Mungkin, simbol merupakan hal penting dalam dunia
Islam. Namun, Islam bukan hanya simbol toh? Seperti
jubah, kopiah, dan surban yang kerap menjadi simbol
kaum muslimin. Namun, apakah kaum nonmuslim di Arab
tidak menggunakan itu? Itu dipakai karena kondisi Arab
yang bergurun dan itu adalah budaya Arab (orang Arab
terdiri dari kaum muslimin dan nonmuslimin).

Jadi, hemat saya... Islam yang hakiki bukanlah simbol
fisik ataupun budaya Arab. Namun, budaya Islamlah yang
harusnya dibudayakan (budaya Islam: sholat tepat
waktu, berzakat, haji, sadakah, infaq, dzikir, memakai
jilbab, silaturahmi, dsb.).

http://mail.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM