Assalamu alaikum
Saya terkesan dengan program yang dijalankan oleh al akh fathurrohman dan al
akh ade di Karawang. Sedikit saya ingin menambah mudah-mudahan bisa menjadi
masukan berarti buat kita semua. Ketika anak saya masih batita, saya belum
mengenal istilah homeschooling. Yang saya tahu Cuma kami sebagai orang tua
harus berusaha semaximal mungkin mendidik anak sebagai amanah dari Allah. saya
mulai mengajar anak baca tulis arab, diteruskan baca tulis Indonesia,
alhamdulillah kedua putri saya sudah bisa baca tulis arab Indonesia sebelum
usia 5th. Kami teruskan dengan hafalan qur'an, do'-doa dan hadits. Tidak lupa
hifdzul mutun. Karena anak saya masih sangat kecil maka matan ilmiyah yang saya
pilihkan adalah yang berbentuk nadlom/bait-bait qosidah. pengajarannya dengan
dilagukan karena anak-anak sangat suka nyanyian. Alhamdulillah putri sulung
5,6th dan adiknya 4,4 th sedikit lagi akan menyelesaikan matan albayquniyah
yang berbicara tentang ilmu mushtholah hadits. Insya Allah disusul matan yang
lain. Kami himbau pada ikhwah yang benar-benar bertekat mendidik anak dengan
sebenar-benarnya agar menambahkan hifdzul mutun pada kurikulumnya. Tidak
masalah bila saat ini anak masih tidak faham apa yang dimaksud pada nyanyian
yang dinyanyikan tersebut. Insya Allah seiring bertambahnya usia dan pemahaman
anak semakin mantap, bisa kiranya disyarahkan. Hitung-hitung sebagai pengganti
pelajaran kesenian, tetapi seni yang bermanfaat. Bayangkan ikhwan yang belajar
takhossus di ma'had-ma'had ilmi saja baru belajar Albayquniyah itupun tidak
hafal matannya, ini anak 4,4th yang masih cadel sudah hafal mengalir bagai air
sambil bernyanyi-nyayi tanpa beban. Subhanalloh, tawfiq minalloh. Mudah-mudahan
lahir dari keturunan kita dan ikhwah semua ulama' robbaniy yang bisa menjadi
rujukan agama bagi ummat Islam di dunia amin. Bila ada yang berminat
mendengarkan pembacaan matan nadlom yang dinyanyikan buka saja www.google.com
lalu ketik dengan huruf arab matan yang dimaksud.
Mudah-mudahan bermanfaat
Wassalaamu alaikum wr wb
Abdullah bin ihsan

Apakah Anda Yahoo!?