Insya Allah membantu :

Makna ucapan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam
hadits di atas
صُفِّدَتِ
الشَّيَاطِيْنُ
adalah setan itu dibelenggu. Dan yang dimaksudkan
dengan setan di sini adalah
مَرَدَةُ
الْجِنِّ
sebagaimana tersebut dalam hadits riwayat At-Tirmidzi
dan Ibnu Majah. Kata
مَرَدَةٌ
adalah bentuk jamak (lebih dari dua) dari kata
الْمَارِدُ
yaitu
الْعَاتِي
الشَّدِيْدُ
, maknanya yang sangat angkuh, durhaka, bertindak
sewenang-wenang lagi melampaui batas (lihat An-Nihayah
fi Gharibil Hadits). Sehingga yang dibelenggu hanyalah
setan dari kalangan jin yang sangat jahat, adapun
setan dari kalangan manusia tetap berkeliaran.

Kita perlu nyatakan hal ini, kata Asy-Syaikh Muqbil
bin Hadi Al-Wadi‘i rahimahullahu, agar jangan sampai
engkau mengatakan: “Kami mendapatkan beberapa
perselisihan dan fitnah di bulan Ramadhan (lalu
bagaimana dikatakan setan-setan itu dibelenggu
sementara kejahatan tetap ada? -pent.).” Kita jawab
bahwa yang dibelenggu adalah setan dari kalangan jin
yang sangat jahat. Sedangkan setan-setan yang kecil
dan setan-setan dari kalangan manusia tetap
berkeliaran tidak dibelenggu. Demikian pula jiwa yang
memerintahkan kepada kejelekan, teman-teman duduk yang
jelek dan tabiat yang memang senang dengan fitnah dan
pertikaian. Semua ini tetap ada di tengah manusia,
tidak terbelenggu kecuali jin-jin yang sangat jahat.
(Ijabatus Sa`il ‘ala Ahammil Masa`il, hal. 163)

di nukil dari artikel :
Introspeksi Diri di Bulan Suci Ramadhan
Penulis: Al Ustadz Muslim Abu Ishaq
situs: salafy.or.id

Abu Hilmy

--- melda syl <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,
>
> Bagi rekan-rekan yang bisa membantu, mohon
> bantuannya untuk memberikan
> jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, karena saya
> mendapat pertanyaan yang
> sama dari anak saya tapi saya tidak bisa memberikan
> jawaban yg tepat.
>
> Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,
> Melda

> penjelasandari rekan2 semuanya:

> dibukalah pintu-pintu
> pintu-pintu rahmat"] dan
> HR.Bukhori&Muslim

> dhohir dibelenggu?
> [...]

Get your email and see which of your friends are online - Right on the New
Yahoo.com
(http://www.yahoo.com/preview)