Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh,

Jazakallah atas pencerahannya. Kemudian dalam prakteknya, sesuai
Sunnah, masjid yang bagaimanakah yang ditetapkan adanya imam tetap
(kalau saya baca-2x riwayat sih semasa hidup cuma Rasulullah sendiri
yang jadi imam, kecuali menjelang akhir hayatnya dioper ke Abu Bakar).

Maksud saya, kaitannya ke jaman sekarang, adakah yang masuk ke
kategori demikian, syarat-2x-nya (kalau mau di-imam-tetap-kan), dan
manfaat-mudharatnya (kalau berlaku hukum demikian, misal di kantor,
tentu akan sulit kalau mau sholat kalau tertinggal, krn cuma di situ
masjidnya, kecuali cari masjid lain di luar kantor yang bukan imam
tetap, sekiranya masjid kantor tsb diadakan imam tetap).

Kebetulan teringat materi ta'lim di kantor kemarin lusa, memang
idealnya di masjid diberi imam tetap, dibayar dan difasilitasi, cari
yg hafidz dll (kriteria imam yang benar), bisa mengajari jamaah +
masyarakat sekitar (spy masjid terasa manfaatnya) dll. Tapi kalau ada
hukum demikian apa ya nggak merepotkan jamaah buat sholat kalau
tertinggal (ada uzur)?

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Ervin L

--- In assunnah@yahoogroups.com, Ridwan Rusdiantoro <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Assalamu'alaikum
>
> yang harus digaris bawahi disini adalah IMAM TETAP. Jika sebuah
masjid  memiliki Imam Tetap yaitu imam yang memang ditetapkan di
masjid  tersebut untuk memimpin semua shalat berjamaah, maka setelah
didirikan  jamaah pertama oleh imam tetap, maka tidak ada lagi jamaah
kedua.

> Sedangkan untuk  masjid yang tidak memiliki Imam Tetap (yaitu
imamnya ditentukan saat sebelum shalat didirikan), seperti di
stasiun  atau terminal atau tempat-tempat lainnya, maka boleh
didirikan kembali  jamaah kedua dan seterusnya.