Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa barakaatuh

Perbedaannya! yang berbeda adalah pada pemahamannya. Setiap orang Islam, dengan
banyak aliran yang seperti akhi/ukhti eledri sebutkan memiliki perbedaan pada
pemahamannya. Saya tidak akan menyebutkan aneka pemahaman yang diyakini dan
dijalankan oleh masing-masing firqah, tetapi saya hanya ingin menyebutkan bahwa
Islam yang benar tentu saja yang berpegang teguh pada Al-Qur'an dan As-Sunnah
dengan PEMAHAMAN Salafush Shalih. Inilah Yang Berbeda !

Aliran yang "nyeleneh", memang menggunakan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai
dasar keislamannya. Hanya saja, mereka tidak menggunakan pemahaman para
Salafush Shalih dalam mengartikan, mengkaji dan memahami Al-Qur'an dan
As-Sunnah. Mereka lebih meyakini pemahaman yang diucapkan oleh guru-guru
mereka, syaikh-syaikh mereka dibanding perkataan dan pemahaman para Salafush
Shalih.

Dengan mengartikan sendiri suatu pemahaman yang terkandung dalam Al-Qur'an atau
As-Sunnah, maka hasilnya tentu akan berbeda pada setiap individu. Si fulan
memahami ayat ini begini, sementara si fulan lain begitu. Dengan tidak
berpegang pada satu pemahaman, yaitu pemahaman para Salafush Shalih, maka akan
banyak sekali perbedaan.

Jalan untuk menyelesaikan perbedaan, bentrok dan sebagainya itu, tentunya
adalah dengan menyamakan semua pemahaman. Dengan satu pemahaman, tentu tidak
akan ada lagi bentrokan. Nah, pemahaman siapa yang dijadikan acuan disini.
Tentunya adalah pemahaman para Salafush Shalih.

Wallahu a'lam

eledri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Assalamualikum sauadara2ku sekalian muslim.

Ana mau Tanya neh ....Di Indonesia banyak sekali aliran2 atau pandangan2
tentang islam scara umumnya yang berbeda2x. banyak sekali seperti contoh
islam jemaah, assunah, salafiyin, tareqah, sunny, syiah , wahabi dan banyak
lagi..dan bahkan ada yang mengkafirkan sesama muslim itu sendiri karena
perbedaan pandangan tersebut, dan bahkan banyak sampai bentrok sesama islam
sendiri ya di katakanlah perang saudara.

Yang ingin saya tanyakan dimanakah letak perbedaan dan persamaan tersebut.
Yang saya tau setiap orang yang telah mengucapkan dua kalima syahadat udah
di katakan islam. Kenapa islam tidak bersatu.

Sekali saya mohon pencerahannya karena saya sangat buta dangan agama. Dan
saya mohon maaf kalau pertanyaan saya tidak berkenan di hati saudara ku
sekalian.

Rgrds.

H.eledri

Sponsored Link

Get an Online or Campus degree - Associate's, Bachelor's, or Master's - in less
than one year.