Menurut saya, tidak semua aliran sesat menyebarkan ajarannya dengan sembunyi2.
dengan begitu, dakwah yang diadakan dengan terbuka juga belum tentu benar. kita
lihat bagaimana jaringan islam liberal "mendakwahkan" gagasan-gagasannya.
apakah mereka sembunyi2 ? tentu tidak. toh, pada akhirnya mereka juga di dakwa
sebagai paham/aliran yang sesat.

sebenarnya, dalam hal metode, banyak kelompok2 Islam yang berdakwah seperti
halnya dakwah salafiyah. ini hanya perkara metode saja. tidak mencakup
substansi. kalau salafiyah berdakwah secara terbuka, apakah JIL juga tidak
begitu ? kalau salafiyah berdakwah tidak bersifat rahasia dan sembunyi2, apakah
Ahmadiyah juga tidak begitu ?

semua aliran dan paham pasti mengatakan bahwa dakwahnya milik semua orang.
karenanya dakwah mereka bersifat terbuka. hanya saja substansi ajaran mereka
yang berbeda-beda. karena pada dasarnya tujuan setiap dakwah, apapun paham dan
alirannya, pasti menghendaki pengikut yang banyak. karena banyaknya pengikut
akan semakin memperkuat eksistensi paham/aliran tersebut.

wassalam

--- In assunnah@yahoogroups.com, "Naufal" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Diantara ciri2 aliran sesat yang banyak bermunculan belakangan ini
adalah, perkumpulan mereka bersifat rahasia (di tempat tersembunyi)
dan eksklusif. Kalau memang seandainya ajaran mereka itu merupakan
ajaran yang benar dan mempunyai landasan dan bukti2 yang kuat tentang
kebenaran ajarannya, kenapa mereka harus sembunyi2 ?

> Lihatlah kajian2 majlis ilmu dakwah salafiyah, adakah yang bersifat
rahasia dan sembunyi2 ? tentu saja tidak ada, karena semua kajian
dahwah salafiyah bersifat terbuka untuk umum, siapapun bisa mengikuti
tanpa prosedur pendaftaran anggota atau proses recruitment atau baiat
dan lain sebagainya.

> Jadi, kalau ada yang mengajak kita untuk mengikuti suatu perkumpulan
atau pengajian yang bersifat sembunyi2 dan rahasia, maka hal ini sudah
menjadi indikasi yang dapat dicurigai. Maka segeralah hindari yang
demikian.

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/