Assalamu 'alaikum wrahmatullahi wabarakatuh,

Ana jelaskan untuk yang bagian ini saja dulu yah, sedangkan sisanya insya Allah
nanti kita bahas.

Pada tanggal 30/10/07, alghurahy <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
>  kalo kita berlonggar-longgar untuk membolehkan penyingkatan-penyingkatan
> pada istilah-istilah syariat,
>  ditakutkan semakin membuka kesempatan orang untuk menyingkat lafadz tertentu
> dg satu huruf saja atau bahkan setengahnya, atau memakai simbol-simbol
> tertentu
>  kalo kita tanya, kenapa begitu... lalu akan dijawab : "ini yg saya maksudkan
> dalam hati saya adalah lafadz ini atau itu, dan yang penting komunitas kami
> memahaminya".

Tolong antum semua pahami, bahwa yang sedang kita bahas disini adalah dua buah
hal berikut ini;

(1) Tentang hukum orang yang menuliskan lafadz Allah dengan 4JJI, dan
(2) Tentang rumor yang beredar yang mengatakan bahwa 4JJI itu adalah singkatan
untuk For Judas Jesus Isa Almasih.

Jadi kalau akhi alghurahy mengatakan;

[...]

ya ini "nggak nyambung" sama apa yang sedang kita bahas, karena seseorang yang
menuliskan lafadz Allah dengan 4JJI tidak sedang menyingkat lafadz Allah
tersebut tetapi hanya menuliskannya menggunakan susunan huruf-huruf latin yang
dirangkaikan sehingga membentuk seperti lafadz Allah.

Dan hal ini BERBEDA dengan perbuatan sebagian orang yang menyingkat-nyingkat
kalimat-kalimat syar'i menjadi beberapa huruf saja, seperti swt, saw, ra, kum,
asskum, assalamu 'alaikum wr. wb., dan sebagainya, oleh karena itu maka
hukumnya juga berbeda.

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/