From: Faidzin Firdhaus <[EMAIL PROTECTED]>
To: assunnah@yahoogroups.com
Sent: Friday, December 14, 2007 5:53:16 AM
Subject: Re: [assunnah] RE: >>Commentary Moonsighting.com about saudi Arabia<<

Perihal kesalahan keputusan Arab Saudi sudah sangat masyhur di kalangan para
perukyat (bukan hanya para ahli hisab). Di situs ICOP (islamic crescent
observation project) yang dikelola oleh Muhammad Odeh dimuat juga pernyataan
resmi ICOP tentang kesalahan keputusan Arab Saudi tersebut.
Silakan dibaca di:
http://icoproject. org/icop/ hej28_long. pdf

Baiklah, kalau memang di saudi ada saksi yang melihat bulan pada tanggal 9
desember, maka saya bisa memastikan insya Alloh bahwa yang dia lihat adalah
bulan tua dari dzul qo'dah, bukan bulan baru dzul hijjah, karena pada tanggal
itu bulan "berjalan" di depan matahari. (kalau bulan baru kan bulan "berjalan"
di belakang matahari). Itupun kalau memang ada yang melihat...
Saya kutipkan dari rukyatulhilal. org: Di Saudi pada Minggu, 9 Desember 2007
ghurub (matahari terbenam - red) terjadi pada pukul 17:39 Waktu Makkah
sedangkan Ijtimak (konjungsi = matahari bumi bulan ada pada satu garis lurus =
matahari "menyalip" bulan - red) terjadi pada pukul 20:42 Waktu Makkah. Tinggi
hilal -5°15' di bawah ufuk saat matahari terbenam (alias bulan terbenam lebih
dulu daripada matahari)

Pertanyaan saya kepada anggota milis sekarang adalah: bagaimana hukum mengikuti
keputusan pemerintah negara lain dan meninggalkan keputusan pemerintah sendiri
untuk mengerjakan suatu ibadah di wilayah kekuasaan pemerintah sendiri, bahkan
ketika kita tahu bahwa keputusan pemerintah negara lain itu salah??

Maaf kalau ada kata-kata saya yang terdengar kasar, tapi saya masih lebih sopan
dibandingkan moonsighters (perukyat hilal) yang tidak berbasis manhaj salaf
(yang bahkan oleh Umm Ismael disebutkan sebagai "kegeraman terhadap pemerintah
Saudi")

Wallahul musta'an

Faidzin ibn Sumedi ibn Yasmudi ibn Naya (l.1979 M/1400 H)
Btw, (secara resmi) saya bukan moonsighters, tapi saya punya beberapa teman
moonsighters yang memiliki keheranan yang sama.