Assalamualaikum,

Mohon penjelasan mengenai hak orang tua terhadap anak2nya dan juga kewajiban
seorang anak terhadap kedua orang tuanya,
Maaf jika saya cerita sedikit mengenai hubungan keluarga kami.
Saat ini saya sudah menikah dan sudah dikaruniai seorang anak,Hubungan kami dgn
kedua orang tua saya(dr pihak suami),sangatlah baik dan tdk ada masalah sama
sekali,namun hubungan istri saya dengan kedua orang tuanya kurang begitu
baik,kalau saya melihat ini dikarenakan adanya trauma pasca perceraian dr orang
tuanya,mereka bercerai ketika anak2 masih kecil, dan semenjak itu anak2 merasa
ditelantarkan krn masing2 orang tuanya menikah lagi dan anak2nya hidup
menyebar,ada yg ikut nenek, ada yg ikut bude, adapula yg ikut bulik,sedangkan
kedua orang tuanya sibuk dgn keluarga barunya masing2,namun yg terjadi sekarang
secara materi orang tuanya lagi kekurangan,dan mereka sering sekali menuntut
hak2nya sbg orang tua ke anak2nya,secara umum kami membantu semampu kami,namun
suatu saat ketika ada permintaan dr orang tua yg tdk dpt kami penuhi,orang tua
dr pihak ayah marah2 dan mengatakan bhw istri saya bukan anaknya lagi dan jgn
panggil bpk lagi krn istri saya sudah di anggap sebagai anak yg durhaka kpd
orang tuanya.dan sejak saat itu kami belum pernah berhubungan lagi,
Berikut beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan mohon nasehatnya.
1.Bagaimana kami hrs menyikapi masalah ini?
2.Bagaimana kedudukan orang tua kandung dan mertua dr anak2nya?apakah seorang
anak hrs berbakti kpd mertua seperti berbaktinya anak dgn orang tua kandungnya?

Terima kasih atas segala bimbingannya.

Asalamualaikum
Tyo

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/