From: Suhartono
Sent: dinsdag 22 januari 2008 9:48
To: assunnah@yahoogroups.com
Subject: [assunnah] Re: >>Jengot vs Penugasan ke luar negeri<<

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Akhi, antum gak perlu mendekkin atau mencukur jenggot antum. Antum
tenang aja, di eropa sendiri populasi orang Islam (komunitas Pakistan
dan Arab) sudah cukup signifikan, dan mereka sendiri (orang-orang
eropa) tidak terlalu concern dengan orang yang berjenggot atau tidak.
Saya sendiri saat ini sedang study di Manchester, UK dan
Alhamdulillah saya tidak menghadapi seperti yang apa akhi takutkan.
Sekali lagi akhi tidak perlu khawatir.

Semoga balasan e-mail dapat meredam kekhawatiran akhi. Mohon maaf kalo
ada yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

--- In assunnah@yahoogroups.com <mailto:assunnah%40yahoogroups.com> ,
"prijosunoto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
> Kantor saya berencana mengirim saya ke Eropa (Belanda) dalam waktu
dekat . Masalah saya adalah: saya di'saran'kan dengan sangat oleh
> para atasan saya untuk memendekkan jenggot saya yang dianggap
panjang (segenggaman pangan saya). Hal itu untuk menghilangkan resiko
> saya tertahan di keimigrasian bandara negara2 tujuan di eropa karena
menurut para atasan saya, pihak keimigrasian sana sangat
> berhati-hati / curiga dengan sesuatu yang berbau islam (wajah saya
agak 'arab') yang hal itu bisa menghambat dan merusak jadwal
> kegiatan saya di eropa.
> Pertanyaan saya:
> 1. Saya belum pernah pergi ke eropa. Apakah ada yang dapat
memberikan gambaran apakah benar pihak keimigrasian negara2 eropa
> demikian sensitif terhadap jenggot? Memang saya sendiri punya rekan
kerja orang Belanda yang juga berjenggot, tapi karena wajahnya
> bule, sementara saya agak mirip Arab, pasti mereka akan mengenali
saya sebagai orang Islam.
> 2. Bagaimana hukumnya jika saya memendekkan jenggot saya hanya untuk
sementara waktu (lebih kurang 1 bulan) supaya tidak perlu

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/