Pak Dokter, di Indonesia ini yang dilarang banyak, tapi tetap banyak juga yang
dilanggar. Setiap orang pasti menemukan caranya jika orang itu memang mau
melakukannya.

Ketaatan kepada Allah mutlak, begitu juga ketaatan pada ulil amri selama
ketaatan itu tidak bertentangan dengan hukum Allah. Jika banyak orang yang
melakukan aborsi secara ilegal bisa dilakukan di negeri ini, masakan sunat
untuk bayi perempuan saja tidak bisa dilakukan. Apa tidak lebih baik mencari
tahu cara sunat untuk wanita di zaman Nabi (riset cara sunat di zaman Nabi,
saya sangat mendukung ini dilakukan oleh dokter2 muslim yang berkhitmat pada
agama ini) dari pada sekedar melarang yang dikhawatirkan banyak praktek sunat
untuk anak perempuan ilegal muncul setelahnya. Untuk mereka yang mendahulukan
Allah dan Rasul-Nya, walau sejuta dokter seperti Anda meyakinkan sesuatu hal
tidak boleh dilakukan padahal mereka tahu di zaman Rasul dilakukan itu tidaklah
dapat dijadikan suatu dalil. Para perempuan zaman dahulu disunat, hingga kini
masih banyak yang melakukan.

Ilmu pengetahuan bisa berubah menurut penelitian, siapa yang menjamin jika
zaman ini sunat pada wanita dilarang setelah sebelumnya tidak ada yang
melarang, beberapa puluh tahun yang akan datang justru dianjurkan, InsyaAllah.
Sebagai analogi, seorang dokter yang berkata pada pasiennya, bahwa si fulan
menurut ilmu kedokterannya akan meninggal beberapa bulan lagi. ternyata tahun2
setelahnya fulan pasien tersebut masih di ijinkan Allah untuk menghirup udara
di bumi ini. Ternyata Dokter juga manusia, ilmunya sangat terbatas. Kalau
dibandingkan dengan ilmu Allah sangat sangat ecek2 (tidak ada apa2nya).

Tetapi kami tentu berterima kasih atas pandangan Anda sebagai dokter muslim di
millis ini. Semoga terus dapat menyumbangkan pengetahuan ilmunya yang sesuai
dengan manhaj yang shohih.

Semoga berkenan,
- ibu seorang anak perempuan yang sudah di sunat, Alhamdulillah-

--- In assunnah@yahoogroups.com, Dr.Salamun Sastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum,
> Sdr. Amroni,
> Dengan adanya SK Menteri Kesehatan tentang larangan kepada
perawat/bidan Indonesia maka tidak akan ada tenaga profesi kesehatan
sesuai PP RI yang akan melakukan hal tersebut karena ia dianggap
melanggar Peraturan MENKES yang secara Teknis adalah Atasan para
Profesi tenaga Kesehatan.
> Sesuai dengan jabatan saya maka dalam bulan Agustus 2008 saya akan
memajukan hal ini dalam Rapat Pleno Organisasi Rumah Sakit/Fakultas
Kedokteran/Tanaga Profesi Kesehatan Islam di Indonesia.
> Demikian untuk maklum,
> Wassalam,
> Dr.Salamun
>

> To: assunnah@yahoogroups.com
> From: [EMAIL PROTECTED]
> Date: Thu, 19 Jun 2008 02:35:25 -0700
> Subject: Re: [assunnah] Re: ::: (tanya) Khitan untuk anak perempuan ::
>
> Assalamu alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh
> Saudara-saudaraku sekalian, terima kasih atas segala informasi yang
telah diberikan kepada kami yang mempunyai anak2 perempuan, pada
dasarnya yang kami inginkan adalah : adakah yang mau berikan informasi
Bidan atau Perawat atau Dokter yang mau melakukan khitanan tersebut,
karena kami membutuhkannya. Terima kasih