To: assunnah@yahoogroups.com
From: [EMAIL PROTECTED]
Date: Tue, 15 Jul 2008 09:37:49 +0700
Subject: Re: [assunnah] pola makan nabi

----- Original Message -----
From: "Dr.Salamun Sastra" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Monday, July 14, 2008 10:04 PM

> Assalamualaikum,

wa`alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh

> Pola makan nabi setahu saya hanya satu : Makan sebelum lapar dan berhenti
makan sebelum kenyang,
> Hal ini dengan mudah dapat diterangkan secara ilmiah melalui dasar2 ilmu
kedokteran, yaitu anatomi, histologi, fisiologi, biologi.
> Kalau menerangkannya betul dan baik, nah itulah kebesaran ajaran Nabi kita
Muhammad SAW.
> Untuk menjelaskan pola makan Nabi yang hanya 8 kata tersebut dibutuhkan 8
semester penuh.
> Kalau 4 sehat 5 sempurna itu ciptaan Prof.Dr.Poorwo soedarmo untuk bangsa
indonesia dan itu bukan pola makan tapi pola gizi untuk bangsa
Indonesia...cara makannya ya itulah seperti pola makan Nabi...mudah2 an bisa
faham apa yang saya jelaskan ini.
> Wassalam
> Dr.Salamun

Pak Dokter, diharapkan jika anda mengutip seusatu yg disandarkan kpd Nabi
maka anda harus menyebutkan dalilnya yg jelas agar tidak sekedar menukil
tanpa dalil yg bisa dipertanggung jawabkan.
Mungkin pola makan yg anda sebutkan itu memang baik jika ditinjau dari sisi
ilmu kedokteran, tapi bukan berarti serta merta anda boleh menyandarkan hal
itu kpd Rasulullah shalallahu`alayhi wasallam tanpa dalil/refernsi yg jelas.

"Kami adalah orang-orang yang tidak makan sehingga lapar, dan apabila kami
makan kami tidak sampai kenyang,"

Kalimat tersebut memang sangat terkenal dan sering disandarkan sbg hadits
nabi, padahal hadits yang amat populer ini ternyata bukan hadits dari
Rasulullah. Lafadz yang seringkali dikatakan sebagai hadits nabi ini tidak
ditemukan di kitab-kitab hadits yang muktamad, semacam Shahih Bukhari,
Shahih Muslim, Sunan An-Nasa'i, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmizy, Sunan Ibnu
Majah dan lainnya. Juga tidak didapati di kitab-kitab hadits semacam
Bulughul Maram atau Nailul Authar dan sejenisnya.
Lafadz kalimat itu ternyata hanyalah merupakan perkataan seorang tabib
(dokter) dari Sudan, yang tidak ada kaitannya dengan urusan syariah dan
agama.

Silahkan baca artikel berikut ini mengenai hal tsb
http://www.praditya.net/index.php/2007/11/15/makan-setelah-lapar-berhenti-sebelum-kenyang/