Wa'alaikumussalaam warohmatullahi wa barokaatuh

1. Syaikh bin Baaz menjawab dalam salah satu fataawaanya "Dibolehkan membaca
amin bagi makmum pada waktu mendengar doa imam pada saat khutbah Jum'at asalkan
tanpa mengeraskan suara" [Fatawa Islamiyah 1/427]

2. Duduk tasyahud untuk sholat dua rakaat, imam syafi'i –rohimahullahu-
berpendapat duduk tawaruk. Sedangkan imam Ahmad –rohimahullahu- berpendapat
iftirasy. Mudah-mudahan pendapat yang lebih kuat adalah duduk iftirasy.
Sebagaimana yang dipilih oleh dua imam ahlussunnah di masa ini yaitu Imam Ibnu
Baz (Lihat Fatawa Lajnah Daimah 7/15-8) dan Imam Al-Albani (Lihat Tamamul
Minnah hal. 223).

3. "Barangsiapa di antara kalian ingin shalat setelah Jum'at, maka hendaklah
shalat empat raka'at". (H.R. Muslim)

"Bahwa Nabi shallallahu `alaihi wasallam shalat setelah shalat Jum'at dua
raka'at di rumah beliau". (Muttafaq 'alaih)

Rosululloh bersabda yang artinya, "Apabila kalian telah selesai mengerjakan
sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat." Amr menambahkan dalam riwayatnya
dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, "Apabila engkau tergesa-gesa
karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila
engkau pulang." (HR. Muslim, Tirmidzi)

Wassalaamu'alaikum warohmatullahi wa barokaatuh

ibn syibawaih