Assalaamu'alaikum warahmatullah
------------------------
Ukhti Dhea menulis :
Dan setahu saya, orang di kampung saya sana nggak ada tuh yang benci
kepada orang yang tidak ziarah pada awal ramadhan atau pada awal
syawwal. Ini juga menjadi bukti bahwa masyarakat kita, atau minimalnya
kampung saya bukan sebagaimana yang digambarkan dalam fatwa-fatwa
ulama bahwa mereka mengkhususkan waktu awal ramadhan dan awal syawwal
untuk ziarah dengan ini dan itu. Saya mengira, fatwa itu dibangun
diatas pertanyaan yang salah yang tidak menerangkan hakikat yang
sesungguhnya dari wujud ziarah masyarakat kita, ataupun mungkin itu
fakta di negara lain dan tidak sama dengan fakta di daerah kita.
-------------------------

Tanggapan :
Atau mungkin masyarakat di daerah Ukhti Dhea adalah orang-orang yang sudah
paham sunnah, yang tidak beranggapan dan berkeyakinan adanya keistimewaan dan
keutamaan ziarah kubur menjelang Ramadhan?
Kalo di tempat saya dan yang saya lihat di beberapa tempat, kuburan mendadak
rame menjelang Ramadhan atau di hari-hari awal bulan Syawal.
Apakah mungkin itu dikarenakan mereka "hanya sempat" ziarah kubur pada
waktu-waktu tersebut, dengan tidak punya keyakinan tertentu? Bahkan sebagiannya
rela mudik menempuh perjalanan jauh untuk itu?

Saya kira fatwa-fatwa ulama itu sudah tepat, untuk mencegah kerusakan yang
ditimbulkan berupa keyakinan-keyakinan tanpa dasar dalam beramal.
Wallohu a'lam.

-Arief nur-